Latest topics
» Nemo Light S72 72W LED
Baronang and the gang! EmptyTue 21 May 2019, 12:09 by Adminjava

» Mantis Tornado DC pump
Baronang and the gang! EmptyMon 20 May 2019, 14:26 by Adminjava

» Chiller Hailea
Baronang and the gang! EmptySun 19 May 2019, 11:06 by Adminjava

» PROMO RAMADHAN Java reef studio
Baronang and the gang! EmptySat 18 May 2019, 10:03 by Adminjava

» Java Reef studio RAMADHAN BIG SALE
Baronang and the gang! EmptyThu 16 May 2019, 11:54 by Adminjava

» wavemaker skimz super silent PROMO RAMADHAN DISC 15%
Baronang and the gang! EmptyThu 16 May 2019, 09:04 by Adminjava

» Nemo Light S72 72W LED Light with Built-in auto Controller
Baronang and the gang! EmptyTue 14 May 2019, 12:47 by Adminjava

» COLOMBO REEF START BACTO 1000ML
Baronang and the gang! EmptyMon 13 May 2019, 11:20 by Adminjava

» Base Element Colombo
Baronang and the gang! EmptyMon 13 May 2019, 10:37 by Adminjava

» wavemaker skimz super silent PROMO RAMADHAN DISC 15%
Baronang and the gang! EmptySat 11 May 2019, 12:30 by Adminjava

» Hailea Chiller
Baronang and the gang! EmptySat 11 May 2019, 10:06 by Adminjava

» DIY Coil denitrator (Minta sarannya dong om..)
Baronang and the gang! EmptyFri 10 May 2019, 17:55 by XIV

» Royal Aiptasia Controler
Baronang and the gang! EmptyFri 10 May 2019, 12:04 by Adminjava

» Sump Filter - Simple & Easy Way to Make It
Baronang and the gang! EmptyFri 10 May 2019, 09:46 by Batavia_Aquatic

» Bertanya, seberapa penting copepod dkk utk tank kita ?
Baronang and the gang! EmptyFri 10 May 2019, 09:39 by Batavia_Aquatic

» Marine pure rumah bacteri
Baronang and the gang! EmptyThu 09 May 2019, 10:18 by Adminjava

» Java Reef Studio PROMO RAMADHAN
Baronang and the gang! EmptyThu 09 May 2019, 10:14 by Adminjava

» Java Reef Studio PROMO RAMADHAN
Baronang and the gang! EmptyWed 08 May 2019, 10:23 by Adminjava

» Marine Pure (Rumah bacteri)
Baronang and the gang! EmptyTue 07 May 2019, 11:38 by Adminjava

»  PROMO RAMADHAN
Baronang and the gang! EmptyTue 07 May 2019, 11:33 by Adminjava

» XIV Pico Reef Tank
Baronang and the gang! EmptyMon 06 May 2019, 04:17 by XIV

» Aquapharm Buffer 8.3
Baronang and the gang! EmptyThu 02 May 2019, 10:33 by Adminjava

» Royal Aiptasia Controler
Baronang and the gang! EmptyThu 02 May 2019, 10:16 by Adminjava

» Royal Red Slime Remover
Baronang and the gang! EmptyThu 02 May 2019, 10:11 by Adminjava

» Aquapharm 5in1 500 ml coral food
Baronang and the gang! EmptyWed 01 May 2019, 09:51 by Adminjava

» Aquapharm Buffer 8.3
Baronang and the gang! EmptyWed 01 May 2019, 09:43 by Adminjava

» Colombo Cerpofor Alparex 100 ml
Baronang and the gang! EmptyTue 30 Apr 2019, 13:05 by Adminjava

» Mantis Tornado pump
Baronang and the gang! EmptyTue 30 Apr 2019, 10:31 by Adminjava

» Protein Skimmer Eshopps S 300
Baronang and the gang! EmptyTue 30 Apr 2019, 09:51 by Adminjava

» Kessil A360X
Baronang and the gang! EmptyMon 29 Apr 2019, 11:19 by Adminjava

Top posters
Anaknemo (771)
Baronang and the gang! Vote_lcapBaronang and the gang! Voting_barBaronang and the gang! Vote_rcap 
Batavia_Aquatic (683)
Baronang and the gang! Vote_lcapBaronang and the gang! Voting_barBaronang and the gang! Vote_rcap 
Admin (637)
Baronang and the gang! Vote_lcapBaronang and the gang! Voting_barBaronang and the gang! Vote_rcap 
Adminjava (366)
Baronang and the gang! Vote_lcapBaronang and the gang! Voting_barBaronang and the gang! Vote_rcap 
indra nyimak (357)
Baronang and the gang! Vote_lcapBaronang and the gang! Voting_barBaronang and the gang! Vote_rcap 
erms (302)
Baronang and the gang! Vote_lcapBaronang and the gang! Voting_barBaronang and the gang! Vote_rcap 
rheinhard (295)
Baronang and the gang! Vote_lcapBaronang and the gang! Voting_barBaronang and the gang! Vote_rcap 
syedjilani (276)
Baronang and the gang! Vote_lcapBaronang and the gang! Voting_barBaronang and the gang! Vote_rcap 
Giest (273)
Baronang and the gang! Vote_lcapBaronang and the gang! Voting_barBaronang and the gang! Vote_rcap 
Barista7105 (183)
Baronang and the gang! Vote_lcapBaronang and the gang! Voting_barBaronang and the gang! Vote_rcap 

Baronang and the gang!

 :: Lain-Lain

Go down

default Baronang and the gang!

Post by Cien on Wed 27 Aug 2014, 23:28

Masih banyak orang yang terheran-heran, bahkan juga bagi mereka yang biasa mancing  di laut, ketika mendengar ada teknik mancing ikan laut pakai umpan lumut. Kayak mancing di empang aja! Wajar aja sih ada pendapat demikian, soalnya sudah jamak orang mancing di laut menggunakan umpan alami seperti udang, cumi, rebon, bahkan umpan buatan seperti minnow, popper, spoon, konahead, jig dll. Hari gini kok mancing di laut pakai lumut, primitif amat! Eiit, jangan asal bicara, ternyata ada ikan target pancing di laut yang doyan umpan lumut! Dialah ikan baronang. Ikan yang sudah tersohor di menu resto sea food ini ternyata penikmat lalapan (baca: lumut) lho!

Sebenarnya, dengan menggunakan umpan lumut, secara tidak langsung  akan menyeleksi ikan target. Hanya jenis ikan yang condong herbivora yang makan umpan lumut, ikan-ikan lain no! Jadi umpan akan aman dari sambaran ikan lain yang tak diinginkan walaupun mereka sebenarnya hadir di lokasi itu seperti kerapu karang, ikan pakol/trigger fish, dan ikan lain yang lebih cocok jadi penghuni akuarium daripada diletakkan di atas piring!

Namun, di dalam laut ikan baronang tidak sendirian, ada juga ikan lain yang gemar lalapan lumut. Sebut saja di sini: ikan kakatua yang warnanya indah itu, ketang-ketang yang durinya bikin cenat-cenut, jenis ikan botana yang berpisau di tulang ekornya, ikan Ela yang berbadan gempal, atau sesekali ikan gebal (platax) juga suka ngemil umpan lumut. Mereka ini sebenarnya bukan target bagi pemancing baronang, bahkan sebagian pemancing baronang yang fanatik enggan mendatangi lokasi mancing yang diketahui banyak dihuni ikan-ikan non target ini.

Sebenarnya, buat pemancing baronang yang sudah lama jam terbangnya dan telah berkelana ke mana-mana alias sudah mumpuni, bisa membedakan ikan apa yang sedang melalap umpan lumut saat itu. Karena memang tampilan getar pelampung akan membedakan baronang atau ikan herbivore lain yang sedang makan umpan lumut. Baronang makan umpan dengan cara mengerat persis seperti kelinci atau tikus, dan efeknya pelampung akan bergerak turun naik dalam tempo secepat-cepatnya layaknya jarum di mesin jahit. Sedangkan ikan kakatua makan umpan dengan cara memagut, dan akibatnya pelampung akan tersentak-sentak secara vulgar. Ketang-ketang makan umpan lumut menyerupai baronang dengan sedikit penekanan, tapi ikan ini lebih sering hadir di sekitar muara, tidak ada di perairan kepulauan yang airnya murni air laut. Sedangkan ikan botana makan umpan mirip juga ikan baronang hanya waktunya amat singkat dan lebih bertekanan. Ikan Ela makan umpan persis baronang, bentuk mulutnya juga menyerupai, ikan Gebal yang lebar dan montok akan makan umpan mirip botana, tapi ikan ini lebih sering diperoleh jika sedang mancing baronang malam hari di dermaga pulau.

Buat anda penggemar ikan hias tentu merasa aneh jika harus mengonsumsi jenis ikan yang biasa dipandangi di akuarium. Kita terlanjur kenal ikan botana, kakatua, platax/gebal, dan ketang-ketang atau ikan kiper sebagai hewan peliharaan. Masak gue makan ikan hias! Hahaha….lucu juga kedengarannya ya! Tetapi, jangan lupa, ikan-ikan yang terpancing ini bukanlah ikan seukuran bola pingpong yang biasa seliweran di akuarium, namun ukurannya sudah melewati batas bibir piring makan anda di rumah! Bagi saudara-saudara kita di belahan timur bumi Nusantara ini sudah tidak aneh lagi, bahkan di luar negeri seperti di Hongkong, ikan kakatua sejak lama dikenal sebagai ikan konsumsi papan atas. Demikian pula ikan ketang-ketang, ikan ini sudah lama dikenal oleh saudara kita di Makasar sebagai ikan konsumsi, selain ikan baronang. Nelayan kepulauan Seribu sudah paham lokasi-lokasi  di mana banyak ikan gebal/platax. Dan pemancing baronang juga sudah paham di mana banyak ikan botana super yang siap menekuk joran tegek layaknya huruf C! Karena semuanya berukuran maksimal, maka sah-sah saja dijadikan teman nasi di meja makan! Bagaimana cita rasa daging ikan-ikan ini, tergantung cara kita memasak dan menyajikannya di meja makan. Maknyus, bro! (Cien)
[You must be registered and logged in to see this image.]
Mancing baronang di lokasi tertentu tak terelakkan memperoleh ikan non target sesama herbivora.

[You must be registered and logged in to see this image.]
Baronang nihil, malah dapat botana, kakatua dan ketang-ketang.

[You must be registered and logged in to see this image.]
Ikan Ela pelahap lumut, termasuk ikan konsumsi bernilai ekonomi tinggi di kepulauan Seribu.

[You must be registered and logged in to see this image.]
Ikan Gebal, yang pada usia dininya banyak diperlihara hobiis akuarium laut.
Cien
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1951
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Baronang and the gang!

Post by Malmo on Wed 27 Aug 2014, 23:37

Ikan gebal itu jenis apa ya? Krn sebelumnya tidak pernah lihat di toko2 akuarium

Malmo
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 20
Points : 1798
Reputation : 0
Join date : 2014-07-01

Back to top Go down

default Re: Baronang and the gang!

Post by Cien on Wed 27 Aug 2014, 23:44

Malmo wrote:Ikan gebal itu jenis apa ya? Krn sebelumnya tidak pernah lihat di toko2 akuarium
Kalangan hobiis ikan hias laut mengenal ikan gebal ini (yang ukuran kecil/juvenile) dengan nama platax, mis. : platax asli, platax daun, platax jenggot, platax rambut. Dalam bahasa Inggris, ikan ini dinamakan Batfish.
Cien
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1951
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Baronang and the gang!

Post by Malmo on Wed 27 Aug 2014, 23:56

Oh ya platax sy tau hahaha

Malmo
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 20
Points : 1798
Reputation : 0
Join date : 2014-07-01

Back to top Go down

Back to top


 :: Lain-Lain

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum