Latest topics
» Ready stock Royal Aiptasia Controler
Today at 13:22 by Adminjava

» 2ND - ANNIVERSARY BIG SALE & CLEARANCE OLD STOCK!! Sampai 5 November 2018
Fri 19 Oct 2018, 12:12 by Adminjava

» Sulphur Denitrator
Fri 19 Oct 2018, 07:43 by reyza

» Ready stock caribsea Live sand
Thu 18 Oct 2018, 10:10 by Adminjava

» How to Start Marine Tank - Part 1 : What You Need Before Starting
Wed 17 Oct 2018, 20:18 by Albertcoho

» Lendir di tak 100m x 40mm x 40mm
Wed 17 Oct 2018, 10:06 by Blasto

» Tank belum jadi (Tank belajar..) :D _TOTY IFC-2018
Wed 17 Oct 2018, 08:28 by pitoyop

» (Coba2) membuat ATS utk penurun Nitrat dan Phospat
Wed 17 Oct 2018, 08:01 by pitoyop

» Tanya Jawab dan Konsultasi seputar Lampu/pecahayaan Aquarium
Tue 16 Oct 2018, 23:48 by Albertcoho

» DIY Cone Skimmer
Tue 16 Oct 2018, 16:44 by DanielDMQ

» DIY Injector Protein Skimmer
Tue 16 Oct 2018, 16:43 by DanielDMQ

» TOTY IFC2018 - Tank Anak Tepi Sungai Mahakam
Mon 15 Oct 2018, 16:28 by Denn Rustanto

» Ready stock Spectra aqua knight 30W CREE Nano Aquarium LED w/Mount
Sun 14 Oct 2018, 13:33 by Adminjava

» 2ND - ANNIVERSARY
Thu 11 Oct 2018, 09:35 by Adminjava

» Bagaiman sih Cara Budidaya Ikan Gurame yang efektif ?
Wed 10 Oct 2018, 14:48 by gdmgonature

» Pico tank 35x35x35
Tue 09 Oct 2018, 13:15 by garywilliamw

» hardscape
Tue 09 Oct 2018, 08:49 by pitoyop

» Ready Stock Skimz SM 167 Protein skimmer kapasitas 1.200 Liter
Mon 08 Oct 2018, 12:04 by Adminjava

» Ready Stock Jebao SW 8 Wave Maker
Sun 07 Oct 2018, 12:01 by Adminjava

» skimz sh 01 hang on protein skimmer
Sat 06 Oct 2018, 10:56 by Adminjava

» cara mengatasi coral yg lg stress
Sat 06 Oct 2018, 06:59 by wolfwest

» Tank Qoezoet2 - TOTY-IFC2018 - BOGOR
Tue 02 Oct 2018, 22:52 by rhieyant

» Tank Qoezoet - TOTY-IFC2018 - BOGOR
Tue 02 Oct 2018, 17:34 by rhieyant

» Jebao RW - 20 wavemaker
Mon 01 Oct 2018, 09:39 by Adminjava

» Onde mande tank, TOTY-IFC2018
Sun 30 Sep 2018, 18:05 by Denny Padank

» Recovery Tank from Newbe - TOTY 2018 Jaksel
Sun 30 Sep 2018, 15:31 by Kurniawantd

» Ready stock Jebao wavemaker sw4, sw8, sw15, Rw20
Sun 30 Sep 2018, 10:07 by Adminjava

» TOTY IFC 2018 - Ciamis
Sat 29 Sep 2018, 23:56 by Dianto Febiana

» DuplaEzze Calanus Powder Finmarchicus
Sat 29 Sep 2018, 09:17 by Adminjava

» TOTY-IFC2018 - EPv1
Fri 28 Sep 2018, 22:21 by eddy putra

Top posters
Anaknemo (771)
 
Admin (635)
 
Batavia_Aquatic (576)
 
indra nyimak (353)
 
erms (302)
 
rheinhard (296)
 
syedjilani (276)
 
Giest (273)
 
rully chank (183)
 
Barista7105 (183)
 

Mancing Baronang yuk...!

 :: Lain-Lain

Go down

default Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Mon 21 Apr 2014, 22:49

Bro n Sis, sy yakin anda sebagai penggemar ikan hias, pasti senang juga pergi ke pantai atau pulau. Lalu, apa yang dilakukan selama di laut? Sekedar menikmati semilir angin laut, berjemur di pantai, berenang, snorkeling, diving, surfing, atau mancing? Pada dasarnya, semua aktivitas hobi yang berhubungan dengan laut memang teramat menyenangkan, sekaligus sebagai penyeimbang dalam kehidupan kaum urban yang kesehariannya disesaki oleh berbagai kesibukan yang bisa berujung stress. Oleh sebab itu, alangkah bahagianya kita memiliki hobi yang berkaitan dengan laut, tidak sia-sia kita hidup di Nusantara yang tercinta ini, yang memiliki hamparan laut begitu luas dengan untaian pulaunya.

Dan, bukanlah suatu hal kebetulan kalau sekarang saya berbicara soal hobi yang satu ini: mancing di laut! Buat anda yang masih awam perihal mancing di laut, saya ingin mengenalkan satu teknik mancing yang khas di laut, yaitu mancing ikan baronang. Sebagian dari anda mungkin sudah sering menjadi penikmat ikan ini yang tersohor di sea food resto. Namun, tahukah anda bahwa ikan Baronang, bukan cuma maknyus rasanya saat di meja makan, tetapi menggetarkan hati saat dipancing. Sungguh lho!

Ada dua persoalan yang kerapkali menghalangi orang ingin memulai mancing di laut, pertama adalah soal fulus. Sudah jamak anggapan orang bahwa mancing di laut itu menguras kocek, mahal! Kedua, mancing di laut kagak tahan maboknya, bos! Nah, disebabkan kedua faktor yang sudah jadi persepsi umum ini,maka banyak orang urung  mancing di laut padahal sebenarnya kepingin sih!

Mancing baronang, berbeda dalam segala hal dengan mancing ikan di laut pada umumnya, baik dari segi piranti, umpan dan tekniknya. Perlu diketahui, mancing baronang akan menepis semua anggapan bahwa mancing di laut itu mahal, karena peralatannya sederhana dan murah. Mancing baronang juga tidak mengakibatkan anda mabuk laut karena bisa dilakukan di pesisir, dermaga pulau jika anda sering rekreasi ke pulau, atau bahkan di keramba apung dekat pulau. Sebenarnya yang sering membuat seseorang mabuk laut adalah jika anda mancing dasaran di kapal yang terombang ambing di tengah laut. Mancing baronang bisa dilakoni oleh pria dan wanita serta anak-anak karena dapat dilakukan secara santai dan medannya tidak ekstrim. Sebagai contoh, jika anda mengajak keluarga tamasya ke pulau, anda bisa mancing baronang di dermaganya, tanpa harus menyewa kapal mancing lagi. Jadi kebersamaan bersama keluarga takkan terganggu hanya disebabkan anda ingin mancing di laut.

Peralatan mancing baronang sederhana saja, terdiri dari sebatang joran yang lazim disebut joran tegek, yang bisa ditarik panjang dan diringkas. Joran tegek tidak berpasangan dengan reel sebagaimana joran mancing di laut umumnya. Harganya bervariasi, dari yang seratusan ribu hingga di atas sejuta rupiah. Ukuran panjangnya mulai dari 3 meter hingga 7 meter, yang umum digunakan adalah ukuran 4 meter hingga 5.4 meter. Prinsipnya, joran tegek tidak perlu yang terlalu mahal karena banyak juga yang harganya cukup terjangkau sudah memadai kualitasnya, pilihlah yang agak kaku.
Mancing baronang memerlukan pelampung. Pelampung baronang banyak variasi bentuk dan warna, ini semua tergantung pilihan masing-masing. Harga pasaran saat ini mulai dari  Rp7.500 hingga Rp20.000 per buah. Selanjutnya adalah mata pancing. Mancing baronang menggunakan pancing garong, sebuah kumpulan mata pancing yang dimodifikasi sehingga seluruh mata pancing itu menghadap ke  segala penjuru. Pancing garong kini mudah didapatkan di toko pancing, kisaran harganya Rp1.500-4.000 per buah. Mengenai kenur, pilihlah yang berharga menengah ke atas, karena memang harga berpengaruh terhadap kualitas kenur. Pemakaian kenur amatlah hemat.

Umpan untuk mancing baronang juga sederhana saja: lumut! Kalau tidak ada lumut, nasi pun jadi! Nah, ini benar-benar mancing irit bukan? Lumut yang dimaksud adalah lumut yang biasa tumbuh di bebatuan di pantai, misalnya di batere ( bebatuan penghalang ombak), tangggul pantai dll. Lho, mancing ikan di laut kok umpannya lumut? Bukannya pakai umpan udang atau irisan cumi? Mana ada ikan laut yang mau makan ‘rumput’! Unik kan?! Very Happy (Bersambung….)

[You must be registered and logged in to see this image.] Pancing garong

[You must be registered and logged in to see this image.] Aneka pelampung untuk mancing baronang

[You must be registered and logged in to see this image.] Hamparan lumut untuk umpan mancing baronang

[You must be registered and logged in to see this image.] Berbagai joran tegek

[You must be registered and logged in to see this image.] S t r i k e !

[You must be registered and logged in to see this image.] Baronang hasil mancing di dermaga
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Capuletz_crew on Mon 21 Apr 2014, 23:00

Wah pak cien mancing mania ya, itu mancingnya di dermaga mana pak?
avatar
Capuletz_crew
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 63
Points : 1704
Reputation : 1
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by aquahobby on Mon 21 Apr 2014, 23:03

wah seru ya, mancing dmn ini
avatar
aquahobby
Small Fish
Small Fish

Posts : 41
Points : 1691
Reputation : 0
Join date : 2014-04-18

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Mon 21 Apr 2014, 23:28

Capuletz_crew wrote:Wah pak cien mancing mania ya, itu mancingnya di dermaga mana pak?

di Ujung Kulon itu pak, di keramba apung kerapu.
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Mon 21 Apr 2014, 23:33

aquahobby wrote:wah seru ya, mancing dmn ini

Box itu isinya baronang hasil mancing di dermaga Merak....
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Admin on Tue 22 Apr 2014, 12:23

wah pas moment strikenya itu asik bener  Twisted Evil 
avatar
Admin
Giant Fish
Giant Fish

Posts : 635
Points : 2823
Reputation : 48
Join date : 2014-04-08
Location : In Indofishclub web

http://www.indofishclub.com

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by velarowana on Tue 22 Apr 2014, 13:06

mantap nih... jadi ingin cuma kl ga salah sirip atasnya agak beracun ya kl kena bisa bikin ngilu gitu...

_________________
Regards
Velarowana
avatar
velarowana
Moderator
Moderator

Posts : 145
Points : 1846
Reputation : 4
Join date : 2014-04-10
Age : 36
Location : jakarta barat

http://velarowana.blogspot.com

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Tue 22 Apr 2014, 13:24

velarowana wrote:mantap nih... jadi ingin cuma kl ga salah sirip atasnya agak beracun ya kl kena bisa bikin ngilu gitu...

iya kalo kena durinya lumayan senut2 rasanya, kan ada triknya supaya gak kena sengat. Tp kalo udah mancing mah gak keingetan deh ama duri mautnya itu.... Very Happy 
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Tue 22 Apr 2014, 13:26

Admin wrote:wah pas moment strikenya itu asik bener  Twisted Evil 

mantaaf, bos!
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by lyon on Tue 22 Apr 2014, 21:18

tambah lagi om moderator fotonya seru nih? ada videonya ga nih?
avatar
lyon
Small Fish
Small Fish

Posts : 44
Points : 1684
Reputation : 0
Join date : 2014-04-21

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Wed 23 Apr 2014, 13:54

lyon wrote:tambah lagi om moderator fotonya seru nih? ada videonya ga nih?

siiip...foto2 lain nyusul deh, video gak ada soalnya gak ada yang mau berkorban jadi kameramen, semuanya pengen strike ajah..... Smile 
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by vampiro on Wed 23 Apr 2014, 19:52

Yuk mancing hehe
avatar
vampiro
Small Fish
Small Fish

Posts : 38
Points : 1682
Reputation : 0
Join date : 2014-04-23

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Thu 24 Apr 2014, 10:33

vampiro wrote:Yuk mancing hehe

 Very Happy  siiip....!
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by tropicalfishfans on Thu 24 Apr 2014, 10:36

Lanjutkan gan...........
avatar
tropicalfishfans
Small Fish
Small Fish

Posts : 36
Points : 1688
Reputation : 0
Join date : 2014-04-15

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Thu 24 Apr 2014, 11:19

tropicalfishfans wrote:Lanjutkan gan...........

siaap, gan!
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by nathael on Thu 24 Apr 2014, 11:48

keren ada thread mancingnya sekarang nih forum hahaha , top dah  Twisted Evil 
avatar
nathael
Small Fish
Small Fish

Posts : 32
Points : 1684
Reputation : 0
Join date : 2014-04-14

Back to top Go down

Back to top

- Similar topics

 :: Lain-Lain

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum