Latest topics
» Ready stock 1. Dr Tim's Waste Away Time Release Gel Double (60 gal) Bacteria
Today at 11:06 by Adminjava

» Ready stock 1. Digital Refractometer Salinity & Temperature
Today at 10:38 by Adminjava

» Ready stock 1. MYSIS RS LIQUID
Yesterday at 11:54 by Adminjava

» TOTY IFC 2018- Hong lie pasuruan, baru mau mulai 80x80x40
Sat 08 Dec 2018, 21:35 by HongLie

» stok zoa Desember 2018 di TOKOPEDIA
Sat 08 Dec 2018, 20:52 by Fraghut

» How To Start Marine Tank - Part 2 : Getting Started With Your Tank
Sat 08 Dec 2018, 14:52 by Batavia_Aquatic

» Do it right : Cycling
Fri 07 Dec 2018, 09:12 by orenjust

» Share Zoanthids, Palys & Palythoa ID
Fri 07 Dec 2018, 07:54 by Batavia_Aquatic

» Tank belum jadi (Tank belajar..) :D _TOTY IFC-2018
Wed 05 Dec 2018, 17:07 by pitoyop

» Sekilas tentang ikan Molly
Mon 03 Dec 2018, 16:22 by Masferdi

» Sekilas tentang ikan guppy
Mon 03 Dec 2018, 16:18 by Masferdi

» Ready stock 1. Dupla Marin Easy Marin Liquid 500 ml
Mon 03 Dec 2018, 12:47 by Adminjava

» Ready stock 1. HOBBY ARTEMIX - Artemia brine shrimp eggs
Mon 03 Dec 2018, 12:08 by Adminjava

» Ready stock 1. Apex Neptune System ATK -ATO (auto top off) system
Sun 02 Dec 2018, 14:16 by Adminjava

» Ready stock 1. Fluval SEA SP6 Pump 12300lph
Sat 01 Dec 2018, 14:51 by Adminjava

» TOTY IFC 2018 - Ciamis
Sat 01 Dec 2018, 08:49 by indra nyimak

» Onde mande tank, TOTY-IFC2018
Sat 01 Dec 2018, 00:12 by Denny Padank

» Ready ctock 1. Caribsea ARAG-ALIVE SPECIAL GRADE Live Sand - 10 KG
Fri 30 Nov 2018, 11:24 by Adminjava

» TOTY IFC2018 - Tank Anak Tepi Sungai Mahakam
Fri 30 Nov 2018, 10:50 by Denn Rustanto

» Tank Qoezoet - TOTY-IFC2018 - BOGOR
Thu 29 Nov 2018, 10:55 by rhieyant

» Recovery Tank from Newbe - TOTY 2018 Jaksel
Wed 28 Nov 2018, 22:54 by Batavia_Aquatic

» Pico tank 35x35x35
Wed 28 Nov 2018, 22:50 by Batavia_Aquatic

» TOTY-IFC2018 - EPv1
Wed 28 Nov 2018, 22:49 by Batavia_Aquatic

» Tanya Jawab dan Konsultasi seputar Lampu/pecahayaan Aquarium
Mon 26 Nov 2018, 14:08 by Batavia_Aquatic

» Ready stock 1. AlgaGen ApoCyclops Pods
Sun 25 Nov 2018, 12:18 by Adminjava

» How to Start Marine Tank - Part 1 : What You Need Before Starting
Sun 25 Nov 2018, 10:58 by Batavia_Aquatic

» (Coba2) membuat ATS utk penurun Nitrat dan Phospat
Fri 23 Nov 2018, 10:38 by pitoyop

» Ready stock 1. Royal Nature Nitrate Remover 1000 ml, 2. Royal Nature Phospate Remover 1000 ml
Fri 23 Nov 2018, 10:22 by Adminjava

» Ready stock 1. CaribSea PhosBuster
Thu 22 Nov 2018, 10:01 by Adminjava

» Ready stock Caribsea live sand
Mon 19 Nov 2018, 13:12 by Adminjava

Top posters
Anaknemo (771)
 
Admin (635)
 
Batavia_Aquatic (598)
 
indra nyimak (357)
 
erms (302)
 
rheinhard (296)
 
syedjilani (276)
 
Giest (273)
 
Adminjava (189)
 
Barista7105 (183)
 

Mancing Baronang yuk...!

 :: Lain-Lain

Go down

default Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Mon 21 Apr 2014, 22:49

Bro n Sis, sy yakin anda sebagai penggemar ikan hias, pasti senang juga pergi ke pantai atau pulau. Lalu, apa yang dilakukan selama di laut? Sekedar menikmati semilir angin laut, berjemur di pantai, berenang, snorkeling, diving, surfing, atau mancing? Pada dasarnya, semua aktivitas hobi yang berhubungan dengan laut memang teramat menyenangkan, sekaligus sebagai penyeimbang dalam kehidupan kaum urban yang kesehariannya disesaki oleh berbagai kesibukan yang bisa berujung stress. Oleh sebab itu, alangkah bahagianya kita memiliki hobi yang berkaitan dengan laut, tidak sia-sia kita hidup di Nusantara yang tercinta ini, yang memiliki hamparan laut begitu luas dengan untaian pulaunya.

Dan, bukanlah suatu hal kebetulan kalau sekarang saya berbicara soal hobi yang satu ini: mancing di laut! Buat anda yang masih awam perihal mancing di laut, saya ingin mengenalkan satu teknik mancing yang khas di laut, yaitu mancing ikan baronang. Sebagian dari anda mungkin sudah sering menjadi penikmat ikan ini yang tersohor di sea food resto. Namun, tahukah anda bahwa ikan Baronang, bukan cuma maknyus rasanya saat di meja makan, tetapi menggetarkan hati saat dipancing. Sungguh lho!

Ada dua persoalan yang kerapkali menghalangi orang ingin memulai mancing di laut, pertama adalah soal fulus. Sudah jamak anggapan orang bahwa mancing di laut itu menguras kocek, mahal! Kedua, mancing di laut kagak tahan maboknya, bos! Nah, disebabkan kedua faktor yang sudah jadi persepsi umum ini,maka banyak orang urung  mancing di laut padahal sebenarnya kepingin sih!

Mancing baronang, berbeda dalam segala hal dengan mancing ikan di laut pada umumnya, baik dari segi piranti, umpan dan tekniknya. Perlu diketahui, mancing baronang akan menepis semua anggapan bahwa mancing di laut itu mahal, karena peralatannya sederhana dan murah. Mancing baronang juga tidak mengakibatkan anda mabuk laut karena bisa dilakukan di pesisir, dermaga pulau jika anda sering rekreasi ke pulau, atau bahkan di keramba apung dekat pulau. Sebenarnya yang sering membuat seseorang mabuk laut adalah jika anda mancing dasaran di kapal yang terombang ambing di tengah laut. Mancing baronang bisa dilakoni oleh pria dan wanita serta anak-anak karena dapat dilakukan secara santai dan medannya tidak ekstrim. Sebagai contoh, jika anda mengajak keluarga tamasya ke pulau, anda bisa mancing baronang di dermaganya, tanpa harus menyewa kapal mancing lagi. Jadi kebersamaan bersama keluarga takkan terganggu hanya disebabkan anda ingin mancing di laut.

Peralatan mancing baronang sederhana saja, terdiri dari sebatang joran yang lazim disebut joran tegek, yang bisa ditarik panjang dan diringkas. Joran tegek tidak berpasangan dengan reel sebagaimana joran mancing di laut umumnya. Harganya bervariasi, dari yang seratusan ribu hingga di atas sejuta rupiah. Ukuran panjangnya mulai dari 3 meter hingga 7 meter, yang umum digunakan adalah ukuran 4 meter hingga 5.4 meter. Prinsipnya, joran tegek tidak perlu yang terlalu mahal karena banyak juga yang harganya cukup terjangkau sudah memadai kualitasnya, pilihlah yang agak kaku.
Mancing baronang memerlukan pelampung. Pelampung baronang banyak variasi bentuk dan warna, ini semua tergantung pilihan masing-masing. Harga pasaran saat ini mulai dari  Rp7.500 hingga Rp20.000 per buah. Selanjutnya adalah mata pancing. Mancing baronang menggunakan pancing garong, sebuah kumpulan mata pancing yang dimodifikasi sehingga seluruh mata pancing itu menghadap ke  segala penjuru. Pancing garong kini mudah didapatkan di toko pancing, kisaran harganya Rp1.500-4.000 per buah. Mengenai kenur, pilihlah yang berharga menengah ke atas, karena memang harga berpengaruh terhadap kualitas kenur. Pemakaian kenur amatlah hemat.

Umpan untuk mancing baronang juga sederhana saja: lumut! Kalau tidak ada lumut, nasi pun jadi! Nah, ini benar-benar mancing irit bukan? Lumut yang dimaksud adalah lumut yang biasa tumbuh di bebatuan di pantai, misalnya di batere ( bebatuan penghalang ombak), tangggul pantai dll. Lho, mancing ikan di laut kok umpannya lumut? Bukannya pakai umpan udang atau irisan cumi? Mana ada ikan laut yang mau makan ‘rumput’! Unik kan?! Very Happy (Bersambung….)

[You must be registered and logged in to see this image.] Pancing garong

[You must be registered and logged in to see this image.] Aneka pelampung untuk mancing baronang

[You must be registered and logged in to see this image.] Hamparan lumut untuk umpan mancing baronang

[You must be registered and logged in to see this image.] Berbagai joran tegek

[You must be registered and logged in to see this image.] S t r i k e !

[You must be registered and logged in to see this image.] Baronang hasil mancing di dermaga
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1788
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Capuletz_crew on Mon 21 Apr 2014, 23:00

Wah pak cien mancing mania ya, itu mancingnya di dermaga mana pak?
avatar
Capuletz_crew
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 63
Points : 1754
Reputation : 1
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by aquahobby on Mon 21 Apr 2014, 23:03

wah seru ya, mancing dmn ini
avatar
aquahobby
Small Fish
Small Fish

Posts : 41
Points : 1741
Reputation : 0
Join date : 2014-04-18

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Mon 21 Apr 2014, 23:28

Capuletz_crew wrote:Wah pak cien mancing mania ya, itu mancingnya di dermaga mana pak?

di Ujung Kulon itu pak, di keramba apung kerapu.
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1788
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Mon 21 Apr 2014, 23:33

aquahobby wrote:wah seru ya, mancing dmn ini

Box itu isinya baronang hasil mancing di dermaga Merak....
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1788
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Admin on Tue 22 Apr 2014, 12:23

wah pas moment strikenya itu asik bener  Twisted Evil 
avatar
Admin
Giant Fish
Giant Fish

Posts : 635
Points : 2873
Reputation : 48
Join date : 2014-04-08
Location : In Indofishclub web

http://www.indofishclub.com

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by velarowana on Tue 22 Apr 2014, 13:06

mantap nih... jadi ingin cuma kl ga salah sirip atasnya agak beracun ya kl kena bisa bikin ngilu gitu...

_________________
Regards
Velarowana
avatar
velarowana
Moderator
Moderator

Posts : 145
Points : 1896
Reputation : 4
Join date : 2014-04-10
Age : 36
Location : jakarta barat

http://velarowana.blogspot.com

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Tue 22 Apr 2014, 13:24

velarowana wrote:mantap nih... jadi ingin cuma kl ga salah sirip atasnya agak beracun ya kl kena bisa bikin ngilu gitu...

iya kalo kena durinya lumayan senut2 rasanya, kan ada triknya supaya gak kena sengat. Tp kalo udah mancing mah gak keingetan deh ama duri mautnya itu.... Very Happy 
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1788
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Tue 22 Apr 2014, 13:26

Admin wrote:wah pas moment strikenya itu asik bener  Twisted Evil 

mantaaf, bos!
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1788
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by lyon on Tue 22 Apr 2014, 21:18

tambah lagi om moderator fotonya seru nih? ada videonya ga nih?
avatar
lyon
Small Fish
Small Fish

Posts : 44
Points : 1734
Reputation : 0
Join date : 2014-04-21

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Wed 23 Apr 2014, 13:54

lyon wrote:tambah lagi om moderator fotonya seru nih? ada videonya ga nih?

siiip...foto2 lain nyusul deh, video gak ada soalnya gak ada yang mau berkorban jadi kameramen, semuanya pengen strike ajah..... Smile 
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1788
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by vampiro on Wed 23 Apr 2014, 19:52

Yuk mancing hehe
avatar
vampiro
Small Fish
Small Fish

Posts : 38
Points : 1732
Reputation : 0
Join date : 2014-04-23

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Thu 24 Apr 2014, 10:33

vampiro wrote:Yuk mancing hehe

 Very Happy  siiip....!
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1788
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by tropicalfishfans on Thu 24 Apr 2014, 10:36

Lanjutkan gan...........
avatar
tropicalfishfans
Small Fish
Small Fish

Posts : 36
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-15

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien on Thu 24 Apr 2014, 11:19

tropicalfishfans wrote:Lanjutkan gan...........

siaap, gan!
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1788
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by nathael on Thu 24 Apr 2014, 11:48

keren ada thread mancingnya sekarang nih forum hahaha , top dah  Twisted Evil 
avatar
nathael
Small Fish
Small Fish

Posts : 32
Points : 1734
Reputation : 0
Join date : 2014-04-14

Back to top Go down

Back to top

- Similar topics

 :: Lain-Lain

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum