Latest topics
» Lendir di tak 100m x 40mm x 40mm
Yesterday at 21:53 by Batavia_Aquatic

» How to Start Marine Tank - Part 1 : What You Need Before Starting
Yesterday at 21:47 by Batavia_Aquatic

» (Coba2) membuat ATS utk penurun Nitrat dan Phospat
Mon 22 Oct 2018, 18:29 by pitoyop

» Our Product
Sun 21 Oct 2018, 21:42 by Raymondcoralkingdom

» Ready stock Royal Aiptasia Controler
Sun 21 Oct 2018, 13:22 by Adminjava

» 2ND - ANNIVERSARY BIG SALE & CLEARANCE OLD STOCK!! Sampai 5 November 2018
Fri 19 Oct 2018, 12:12 by Adminjava

» Sulphur Denitrator
Fri 19 Oct 2018, 07:43 by reyza

» Ready stock caribsea Live sand
Thu 18 Oct 2018, 10:10 by Adminjava

» Tank belum jadi (Tank belajar..) :D _TOTY IFC-2018
Wed 17 Oct 2018, 08:28 by pitoyop

» Tanya Jawab dan Konsultasi seputar Lampu/pecahayaan Aquarium
Tue 16 Oct 2018, 23:48 by Albertcoho

» DIY Cone Skimmer
Tue 16 Oct 2018, 16:44 by DanielDMQ

» DIY Injector Protein Skimmer
Tue 16 Oct 2018, 16:43 by DanielDMQ

» TOTY IFC2018 - Tank Anak Tepi Sungai Mahakam
Mon 15 Oct 2018, 16:28 by Denn Rustanto

» Ready stock Spectra aqua knight 30W CREE Nano Aquarium LED w/Mount
Sun 14 Oct 2018, 13:33 by Adminjava

» 2ND - ANNIVERSARY
Thu 11 Oct 2018, 09:35 by Adminjava

» Bagaiman sih Cara Budidaya Ikan Gurame yang efektif ?
Wed 10 Oct 2018, 14:48 by gdmgonature

» Pico tank 35x35x35
Tue 09 Oct 2018, 13:15 by garywilliamw

» hardscape
Tue 09 Oct 2018, 08:49 by pitoyop

» Ready Stock Skimz SM 167 Protein skimmer kapasitas 1.200 Liter
Mon 08 Oct 2018, 12:04 by Adminjava

» Ready Stock Jebao SW 8 Wave Maker
Sun 07 Oct 2018, 12:01 by Adminjava

» skimz sh 01 hang on protein skimmer
Sat 06 Oct 2018, 10:56 by Adminjava

» cara mengatasi coral yg lg stress
Sat 06 Oct 2018, 06:59 by wolfwest

» Tank Qoezoet2 - TOTY-IFC2018 - BOGOR
Tue 02 Oct 2018, 22:52 by rhieyant

» Tank Qoezoet - TOTY-IFC2018 - BOGOR
Tue 02 Oct 2018, 17:34 by rhieyant

» Jebao RW - 20 wavemaker
Mon 01 Oct 2018, 09:39 by Adminjava

» Onde mande tank, TOTY-IFC2018
Sun 30 Sep 2018, 18:05 by Denny Padank

» Recovery Tank from Newbe - TOTY 2018 Jaksel
Sun 30 Sep 2018, 15:31 by Kurniawantd

» Ready stock Jebao wavemaker sw4, sw8, sw15, Rw20
Sun 30 Sep 2018, 10:07 by Adminjava

» TOTY IFC 2018 - Ciamis
Sat 29 Sep 2018, 23:56 by Dianto Febiana

» DuplaEzze Calanus Powder Finmarchicus
Sat 29 Sep 2018, 09:17 by Adminjava

Top posters
Anaknemo (771)
 
Admin (635)
 
Batavia_Aquatic (578)
 
indra nyimak (353)
 
erms (302)
 
rheinhard (296)
 
syedjilani (276)
 
Giest (273)
 
rully chank (183)
 
Barista7105 (183)
 

Ikan Gabus Toman

Go down

default Ikan Gabus Toman

Post by Capuletz_crew on Mon 28 Apr 2014, 16:45

[You must be registered and logged in to see this image.]



Toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channidae). Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya.


Ikan toman dalam bahasa Inggris dikenal sebagai red snakehead, redline snakehead merujuk pada warna tubuhnya ketika muda, atauMalabar snakehead. Nama snakehead mengacu pada bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular. Sementara nama ilmiahnya adalah Channa micropeltes.
Ikan yang berkepala besar dan bermulut besar serta bergigi runcing tajam. Tubuh bulat panjang seperti torpedo dengan ekor membulat.


Ikan dewasa berwarna hitam kebiruan, dengan perut putih atau keputihan. Anak-anaknya berwarna kemerahan, dengan garis hitam dan jingga di sisi tubuhnya. Ikan toman dapat tumbuh sampai mendekati 1,5 m panjangnya.
Toman tergolong kepada ikan buas, yakni predator yang memangsa aneka jenis ikan lainnya, serta hewan-hewan lain seperti seranggadan kodok yang berada di lingkungannya.


Ikan ini memiliki kebiasaan ‘mengasuh’ anak-anaknya. Induk ikan seringkali didapati berenang di sekitar kelompok anak-anak toman yang masih kecil-kecil. Dilaporkan pula bahwa induk semacam ini juga tidak segan-segan menyerang orang yang berenang terlalu dekat, yang dikhawatirkan akan mengganggu anak-anaknya. Perilaku suka menyerang pengganggu ini dimanfaatkan orang Banjar di pedesaan untuk memancing induk toman dan haruan (gabus) menggunakan belibis yang diikat sebagai "pengganggu" agar induk ikan mendekat lalu diumpan dengan daging kodok.


Ikan toman menyebar luas di Indonesia bagian barat (SumatraKalimantan dan pulau-pulau sekitarnya), MalaysiaThailandLaosVietnamIndia, dan mungkin pula Myanmar. Keberadaannya di India barat daya (Tamilnadu dan Kerala) terasa janggal, karena terpisah sekitar 2500 km dari wilayah sebarannya yang lain di Asia Tenggara. Ikan ini diperkirakan dibawa masuk ke India oleh manusia sebelum abad ke-19.
Ikan toman merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang digemari. Dagingnya yang putih lembut menjadikan toman sebagai salah satu favorit untuk ikan bakar, digulai atau dimasak sup. Toman juga kerap diasinkan dan dijual ke Jawa sebagai ‘ikan gabus’ asin.


Di Singapura, toman dipelihara di kolam-kolam dan saluran untuk rekreasi memancing. Ikan ini disukai pemancing karena ‘tarikannya’ yang kuat ketika menyambar umpan di ujung kail.
Ikan toman yang muda berwarna indah dan disukai sebagai ikan akuarium. Karenanya, ikan ini kerap diekspor sebagai ikan hias ke mancanegara, termasuk ke Amerika Serikat.


Belakangan ikan-ikan ini menimbulkan masalah di sana. Tahun 2002 dan 2003 ditemukan empat ekor toman di perairan di Maryland dan Wisconsin. Diduga, ikan-ikan ini terlepas atau dilepaskan dari akuarium. Keberadaan ikan-ikan ini telah menggelisahkan pihak yang berwenang di negara itu karena dikhawatirkan akan berbiak, menginvasi dan mengganggu keseimbangan komunitas alami di perairan setempat.


Kekhawatiran ini juga mulai bisa dirasakan di Indonesia tepatnya di pulau jawa. Mulai banyak komunitas memancing atau individu-individu yang menyebarkan di perairan pulau jawa dengan alasan pelestarian atau pun sebagai hobi untuk pemancingan. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan, mengingat sifat toman yang merupakan predator yang sangat agresif dikhawatirkan akan mengganggu keanekaragaman hayati yang ada di pulau jawa karena memang toman bukanlah ikan native di pulau Jawa.
avatar
Capuletz_crew
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 63
Points : 1707
Reputation : 1
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Ikan Gabus Toman

Post by Asfur on Mon 28 Apr 2014, 17:15

Setuju banget gan dgn keganasan ikan toman ini. Sy spt mancing, trus piara di kolam, buset dah, dia bikin ikan lain se kolam stress. Dan stlh sy liat video ikan toman di outube, wah sy angkat tuh toman dan goreng aja deh. Drpd ntr ikan2 di kolam pada habis dibantai toman.

Asfur
Small Fish
Small Fish

Posts : 36
Points : 1691
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Ikan Gabus Toman

Post by lyon on Mon 28 Apr 2014, 19:33

Asfur wrote:Setuju banget gan dgn keganasan ikan toman ini. Sy spt mancing, trus piara di kolam, buset dah, dia bikin ikan lain se kolam stress. Dan stlh sy liat video ikan toman di outube, wah sy angkat tuh toman dan goreng aja deh. Drpd ntr ikan2 di kolam pada habis dibantai toman.

hahahaha sadissss ya nih ikan
avatar
lyon
Small Fish
Small Fish

Posts : 44
Points : 1687
Reputation : 0
Join date : 2014-04-21

Back to top Go down

default Re: Ikan Gabus Toman

Post by sj_park on Wed 18 Jun 2014, 19:15

Cpt berkembang biak and ganassss...

sj_park
Small Fish
Small Fish

Posts : 28
Points : 1621
Reputation : 0
Join date : 2014-06-18

Back to top Go down

default Re: Ikan Gabus Toman

Post by velarowana on Wed 18 Jun 2014, 22:00

ikan favorit nih...jadi ingin pelihara yg besar lagi...

_________________
Regards
Velarowana
avatar
velarowana
Moderator
Moderator

Posts : 145
Points : 1849
Reputation : 4
Join date : 2014-04-10
Age : 36
Location : jakarta barat

http://velarowana.blogspot.com

Back to top Go down

Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum