Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.




Latest topics
» 3 Hasil Tangkapan Ikan Terbesar di Dunia
Mancing Baronang yuk...! EmptyFri 11 Jun 2021, 06:32 by sarilegen

» Donut terlepas dari Cangkang
Mancing Baronang yuk...! EmptyThu 10 Jun 2021, 10:12 by hermasyah.1972

» Atlas of Fishes - Gobies
Mancing Baronang yuk...! EmptyFri 04 Jun 2021, 17:47 by xenkzz

» XIV Nano Reef Tank
Mancing Baronang yuk...! EmptyTue 01 Jun 2021, 21:14 by XIV

» WTS Coral peliharaan
Mancing Baronang yuk...! EmptySun 23 May 2021, 20:13 by bowo04

» Mencari n.Multifasciatus
Mancing Baronang yuk...! EmptySat 22 May 2021, 11:30 by coktsa

» Dihibahkan akuarium uk 120cm
Mancing Baronang yuk...! EmptySun 18 Apr 2021, 04:54 by landax

» Hibah Lion Fish Cepetan
Mancing Baronang yuk...! EmptySun 18 Apr 2021, 04:53 by landax

» About Shanjaya Aquatic
Mancing Baronang yuk...! EmptyThu 15 Apr 2021, 18:24 by Shanjaya Aquatic

» Air Hujan
Mancing Baronang yuk...! EmptyWed 10 Mar 2021, 08:30 by Hendra Halim

» XIV's Aquascape Tanks
Mancing Baronang yuk...! EmptyThu 04 Feb 2021, 09:46 by Asfur

» TEMPAT BERTANYA NAMA KORAL YANG TIDAK DIKETAHUI
Mancing Baronang yuk...! EmptyThu 28 Jan 2021, 18:32 by Dan

» Yuk diskusi tentang air payau dan lingkungan sekitarnya kawan-kawan
Mancing Baronang yuk...! EmptyWed 13 Jan 2021, 08:49 by Asfur

» Tank belum jadi (Tank belajar..) :D _TOTY IFC-2018
Mancing Baronang yuk...! EmptyThu 07 Jan 2021, 11:21 by singsing1314

» WTS Aquarium cube 30cm, Red Sea AB+ ecer, Auto top off, Skimmer peralatan Reef Aquascape
Mancing Baronang yuk...! EmptyThu 07 Jan 2021, 03:06 by sasugadesu

» How to Start Marine Tank - Part 1 : What You Need Before Starting
Mancing Baronang yuk...! EmptyMon 28 Dec 2020, 07:33 by Edy siswanto

» Tempat hunting ikan Cichlid
Mancing Baronang yuk...! EmptyMon 21 Dec 2020, 21:59 by ezh92ther

» How To Start Marine Tank - Part 2 : Getting Started With Your Tank
Mancing Baronang yuk...! EmptyFri 04 Dec 2020, 20:47 by Wahyu73st

» Arwana Golden dan Blue base body
Mancing Baronang yuk...! EmptyWed 02 Dec 2020, 09:49 by Napas

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Mancing Baronang yuk...! EmptySun 22 Nov 2020, 16:40 by Tripoedjianto

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Mancing Baronang yuk...! EmptySun 22 Nov 2020, 16:38 by Tripoedjianto

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Mancing Baronang yuk...! EmptySun 22 Nov 2020, 16:38 by Tripoedjianto

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Mancing Baronang yuk...! EmptySun 22 Nov 2020, 16:38 by Tripoedjianto

» Dimana saya bisa cari udang hias Sulawesi
Mancing Baronang yuk...! EmptySun 22 Nov 2020, 16:20 by Tripoedjianto

» Our Product
Mancing Baronang yuk...! EmptyFri 06 Nov 2020, 15:43 by Fugu Marine Official

» 3 Cara memasukan foto
Mancing Baronang yuk...! EmptyFri 16 Oct 2020, 11:03 by daftargamepkv

» Bayi molly berkurang terus...
Mancing Baronang yuk...! EmptyMon 05 Oct 2020, 09:47 by FauzyAulia

» Dermogenys/halfbeak makan bayi molly?
Mancing Baronang yuk...! EmptyMon 05 Oct 2020, 09:45 by FauzyAulia

» Marine parameters : Iodide/ iodine
Mancing Baronang yuk...! EmptySun 04 Oct 2020, 09:52 by A.christian

» skimmer BM NAC 3.5 untuk yank 200-300liter kondisi 2nd
Mancing Baronang yuk...! EmptyFri 02 Oct 2020, 16:01 by yovans

Top posters
Anaknemo (771)
Mancing Baronang yuk...! Vote_lcapMancing Baronang yuk...! Voting_barMancing Baronang yuk...! Vote_rcap 
Batavia_Aquatic (706)
Mancing Baronang yuk...! Vote_lcapMancing Baronang yuk...! Voting_barMancing Baronang yuk...! Vote_rcap 
Admin (640)
Mancing Baronang yuk...! Vote_lcapMancing Baronang yuk...! Voting_barMancing Baronang yuk...! Vote_rcap 
Adminjava (404)
Mancing Baronang yuk...! Vote_lcapMancing Baronang yuk...! Voting_barMancing Baronang yuk...! Vote_rcap 
indra nyimak (357)
Mancing Baronang yuk...! Vote_lcapMancing Baronang yuk...! Voting_barMancing Baronang yuk...! Vote_rcap 
erms (302)
Mancing Baronang yuk...! Vote_lcapMancing Baronang yuk...! Voting_barMancing Baronang yuk...! Vote_rcap 
rheinhard (295)
Mancing Baronang yuk...! Vote_lcapMancing Baronang yuk...! Voting_barMancing Baronang yuk...! Vote_rcap 
syedjilani (276)
Mancing Baronang yuk...! Vote_lcapMancing Baronang yuk...! Voting_barMancing Baronang yuk...! Vote_rcap 
Giest (273)
Mancing Baronang yuk...! Vote_lcapMancing Baronang yuk...! Voting_barMancing Baronang yuk...! Vote_rcap 
rully chank (183)
Mancing Baronang yuk...! Vote_lcapMancing Baronang yuk...! Voting_barMancing Baronang yuk...! Vote_rcap 

Mancing Baronang yuk...!

 :: Lain-Lain

Go down

default Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien Mon 21 Apr 2014, 22:49

Bro n Sis, sy yakin anda sebagai penggemar ikan hias, pasti senang juga pergi ke pantai atau pulau. Lalu, apa yang dilakukan selama di laut? Sekedar menikmati semilir angin laut, berjemur di pantai, berenang, snorkeling, diving, surfing, atau mancing? Pada dasarnya, semua aktivitas hobi yang berhubungan dengan laut memang teramat menyenangkan, sekaligus sebagai penyeimbang dalam kehidupan kaum urban yang kesehariannya disesaki oleh berbagai kesibukan yang bisa berujung stress. Oleh sebab itu, alangkah bahagianya kita memiliki hobi yang berkaitan dengan laut, tidak sia-sia kita hidup di Nusantara yang tercinta ini, yang memiliki hamparan laut begitu luas dengan untaian pulaunya.

Dan, bukanlah suatu hal kebetulan kalau sekarang saya berbicara soal hobi yang satu ini: mancing di laut! Buat anda yang masih awam perihal mancing di laut, saya ingin mengenalkan satu teknik mancing yang khas di laut, yaitu mancing ikan baronang. Sebagian dari anda mungkin sudah sering menjadi penikmat ikan ini yang tersohor di sea food resto. Namun, tahukah anda bahwa ikan Baronang, bukan cuma maknyus rasanya saat di meja makan, tetapi menggetarkan hati saat dipancing. Sungguh lho!

Ada dua persoalan yang kerapkali menghalangi orang ingin memulai mancing di laut, pertama adalah soal fulus. Sudah jamak anggapan orang bahwa mancing di laut itu menguras kocek, mahal! Kedua, mancing di laut kagak tahan maboknya, bos! Nah, disebabkan kedua faktor yang sudah jadi persepsi umum ini,maka banyak orang urung  mancing di laut padahal sebenarnya kepingin sih!

Mancing baronang, berbeda dalam segala hal dengan mancing ikan di laut pada umumnya, baik dari segi piranti, umpan dan tekniknya. Perlu diketahui, mancing baronang akan menepis semua anggapan bahwa mancing di laut itu mahal, karena peralatannya sederhana dan murah. Mancing baronang juga tidak mengakibatkan anda mabuk laut karena bisa dilakukan di pesisir, dermaga pulau jika anda sering rekreasi ke pulau, atau bahkan di keramba apung dekat pulau. Sebenarnya yang sering membuat seseorang mabuk laut adalah jika anda mancing dasaran di kapal yang terombang ambing di tengah laut. Mancing baronang bisa dilakoni oleh pria dan wanita serta anak-anak karena dapat dilakukan secara santai dan medannya tidak ekstrim. Sebagai contoh, jika anda mengajak keluarga tamasya ke pulau, anda bisa mancing baronang di dermaganya, tanpa harus menyewa kapal mancing lagi. Jadi kebersamaan bersama keluarga takkan terganggu hanya disebabkan anda ingin mancing di laut.

Peralatan mancing baronang sederhana saja, terdiri dari sebatang joran yang lazim disebut joran tegek, yang bisa ditarik panjang dan diringkas. Joran tegek tidak berpasangan dengan reel sebagaimana joran mancing di laut umumnya. Harganya bervariasi, dari yang seratusan ribu hingga di atas sejuta rupiah. Ukuran panjangnya mulai dari 3 meter hingga 7 meter, yang umum digunakan adalah ukuran 4 meter hingga 5.4 meter. Prinsipnya, joran tegek tidak perlu yang terlalu mahal karena banyak juga yang harganya cukup terjangkau sudah memadai kualitasnya, pilihlah yang agak kaku.
Mancing baronang memerlukan pelampung. Pelampung baronang banyak variasi bentuk dan warna, ini semua tergantung pilihan masing-masing. Harga pasaran saat ini mulai dari  Rp7.500 hingga Rp20.000 per buah. Selanjutnya adalah mata pancing. Mancing baronang menggunakan pancing garong, sebuah kumpulan mata pancing yang dimodifikasi sehingga seluruh mata pancing itu menghadap ke  segala penjuru. Pancing garong kini mudah didapatkan di toko pancing, kisaran harganya Rp1.500-4.000 per buah. Mengenai kenur, pilihlah yang berharga menengah ke atas, karena memang harga berpengaruh terhadap kualitas kenur. Pemakaian kenur amatlah hemat.

Umpan untuk mancing baronang juga sederhana saja: lumut! Kalau tidak ada lumut, nasi pun jadi! Nah, ini benar-benar mancing irit bukan? Lumut yang dimaksud adalah lumut yang biasa tumbuh di bebatuan di pantai, misalnya di batere ( bebatuan penghalang ombak), tangggul pantai dll. Lho, mancing ikan di laut kok umpannya lumut? Bukannya pakai umpan udang atau irisan cumi? Mana ada ikan laut yang mau makan ‘rumput’! Unik kan?! Very Happy (Bersambung….)

[You must be registered and logged in to see this image.] Pancing garong

[You must be registered and logged in to see this image.] Aneka pelampung untuk mancing baronang

[You must be registered and logged in to see this image.] Hamparan lumut untuk umpan mancing baronang

[You must be registered and logged in to see this image.] Berbagai joran tegek

[You must be registered and logged in to see this image.] S t r i k e !

[You must be registered and logged in to see this image.] Baronang hasil mancing di dermaga
Cien
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 2715
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Capuletz_crew Mon 21 Apr 2014, 23:00

Wah pak cien mancing mania ya, itu mancingnya di dermaga mana pak?
Capuletz_crew
Capuletz_crew
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 63
Points : 2681
Reputation : 1
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by aquahobby Mon 21 Apr 2014, 23:03

wah seru ya, mancing dmn ini
aquahobby
aquahobby
Small Fish
Small Fish

Posts : 41
Points : 2668
Reputation : 0
Join date : 2014-04-18

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien Mon 21 Apr 2014, 23:28

Capuletz_crew wrote:Wah pak cien mancing mania ya, itu mancingnya di dermaga mana pak?

di Ujung Kulon itu pak, di keramba apung kerapu.
Cien
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 2715
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien Mon 21 Apr 2014, 23:33

aquahobby wrote:wah seru ya, mancing dmn ini

Box itu isinya baronang hasil mancing di dermaga Merak....
Cien
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 2715
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Admin Tue 22 Apr 2014, 12:23

wah pas moment strikenya itu asik bener  Twisted Evil 
Admin
Admin
Giant Fish
Giant Fish

Posts : 640
Points : 3811
Reputation : 48
Join date : 2014-04-08
Location : In Indofishclub web

https://www.indofishclub.com

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by velarowana Tue 22 Apr 2014, 13:06

mantap nih... jadi ingin cuma kl ga salah sirip atasnya agak beracun ya kl kena bisa bikin ngilu gitu...

_________________
Regards
Velarowana
velarowana
velarowana
Moderator
Moderator

Posts : 145
Points : 2826
Reputation : 7
Join date : 2014-04-10
Age : 39
Location : jakarta barat

http://velarowana.blogspot.com

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien Tue 22 Apr 2014, 13:24

velarowana wrote:mantap nih... jadi ingin cuma kl ga salah sirip atasnya agak beracun ya kl kena bisa bikin ngilu gitu...

iya kalo kena durinya lumayan senut2 rasanya, kan ada triknya supaya gak kena sengat. Tp kalo udah mancing mah gak keingetan deh ama duri mautnya itu.... Very Happy 
Cien
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 2715
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien Tue 22 Apr 2014, 13:26

Admin wrote:wah pas moment strikenya itu asik bener  Twisted Evil 

mantaaf, bos!
Cien
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 2715
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by lyon Tue 22 Apr 2014, 21:18

tambah lagi om moderator fotonya seru nih? ada videonya ga nih?
lyon
lyon
Small Fish
Small Fish

Posts : 44
Points : 2661
Reputation : 0
Join date : 2014-04-21

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien Wed 23 Apr 2014, 13:54

lyon wrote:tambah lagi om moderator fotonya seru nih? ada videonya ga nih?

siiip...foto2 lain nyusul deh, video gak ada soalnya gak ada yang mau berkorban jadi kameramen, semuanya pengen strike ajah..... Smile 
Cien
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 2715
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by vampiro Wed 23 Apr 2014, 19:52

Yuk mancing hehe
vampiro
vampiro
Small Fish
Small Fish

Posts : 38
Points : 2659
Reputation : 0
Join date : 2014-04-23

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien Thu 24 Apr 2014, 10:33

vampiro wrote:Yuk mancing hehe

 Very Happy  siiip....!
Cien
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 2715
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by tropicalfishfans Thu 24 Apr 2014, 10:36

Lanjutkan gan...........
tropicalfishfans
tropicalfishfans
Small Fish
Small Fish

Posts : 36
Points : 2665
Reputation : 0
Join date : 2014-04-15

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by Cien Thu 24 Apr 2014, 11:19

tropicalfishfans wrote:Lanjutkan gan...........

siaap, gan!
Cien
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 2715
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Mancing Baronang yuk...!

Post by nathael Thu 24 Apr 2014, 11:48

keren ada thread mancingnya sekarang nih forum hahaha , top dah  Twisted Evil 
nathael
nathael
Small Fish
Small Fish

Posts : 32
Points : 2661
Reputation : 0
Join date : 2014-04-14

Back to top Go down

Back to top


 :: Lain-Lain

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum