Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.




Latest topics
» XIV Nano Reef Tank
Ikan Gabus Toman EmptyFri 02 Apr 2021, 19:51 by XIV

» Air Hujan
Ikan Gabus Toman EmptyWed 10 Mar 2021, 08:30 by Hendra Halim

» XIV's Aquascape Tanks
Ikan Gabus Toman EmptyThu 04 Feb 2021, 09:46 by Asfur

» TEMPAT BERTANYA NAMA KORAL YANG TIDAK DIKETAHUI
Ikan Gabus Toman EmptyThu 28 Jan 2021, 18:32 by Dan

» Yuk diskusi tentang air payau dan lingkungan sekitarnya kawan-kawan
Ikan Gabus Toman EmptyWed 13 Jan 2021, 08:49 by Asfur

» Tank belum jadi (Tank belajar..) :D _TOTY IFC-2018
Ikan Gabus Toman EmptyThu 07 Jan 2021, 11:21 by singsing1314

» WTS Protein skimmer (pake wooden airstone), Aquarium cube 30cm, Red Sea AB+ ecer.
Ikan Gabus Toman EmptyThu 07 Jan 2021, 03:06 by sasugadesu

» How to Start Marine Tank - Part 1 : What You Need Before Starting
Ikan Gabus Toman EmptyMon 28 Dec 2020, 07:33 by Edy siswanto

» Tempat hunting ikan Cichlid
Ikan Gabus Toman EmptyMon 21 Dec 2020, 21:59 by ezh92ther

» How To Start Marine Tank - Part 2 : Getting Started With Your Tank
Ikan Gabus Toman EmptyFri 04 Dec 2020, 20:47 by Wahyu73st

» Arwana Golden dan Blue base body
Ikan Gabus Toman EmptyWed 02 Dec 2020, 09:49 by Napas

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Ikan Gabus Toman EmptySun 22 Nov 2020, 16:40 by Tripoedjianto

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Ikan Gabus Toman EmptySun 22 Nov 2020, 16:38 by Tripoedjianto

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Ikan Gabus Toman EmptySun 22 Nov 2020, 16:38 by Tripoedjianto

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Ikan Gabus Toman EmptySun 22 Nov 2020, 16:38 by Tripoedjianto

» Dimana saya bisa cari udang hias Sulawesi
Ikan Gabus Toman EmptySun 22 Nov 2020, 16:20 by Tripoedjianto

» Our Product
Ikan Gabus Toman EmptyFri 06 Nov 2020, 15:43 by Fugu Marine Official

» 3 Cara memasukan foto
Ikan Gabus Toman EmptyFri 16 Oct 2020, 11:03 by daftargamepkv

» Bayi molly berkurang terus...
Ikan Gabus Toman EmptyMon 05 Oct 2020, 09:47 by FauzyAulia

» Dermogenys/halfbeak makan bayi molly?
Ikan Gabus Toman EmptyMon 05 Oct 2020, 09:45 by FauzyAulia

» Marine parameters : Iodide/ iodine
Ikan Gabus Toman EmptySun 04 Oct 2020, 09:52 by A.christian

» skimmer BM NAC 3.5 untuk yank 200-300liter kondisi 2nd
Ikan Gabus Toman EmptyFri 02 Oct 2020, 16:01 by yovans

» skimmer BM NAC 3.5 untuk yank 200-300liter kondisi 2nd
Ikan Gabus Toman EmptyFri 02 Oct 2020, 16:01 by yovans

»  TANK NANO NGAPAK 60X60X50
Ikan Gabus Toman EmptyTue 08 Sep 2020, 12:58 by colagecko

» Do it right : Cycling
Ikan Gabus Toman EmptySat 22 Aug 2020, 23:54 by Jonnn

» Lendir atau selaput coklat
Ikan Gabus Toman EmptyTue 18 Aug 2020, 20:30 by Rizky11

» Sump Filter - Simple & Easy Way to Make It
Ikan Gabus Toman EmptyWed 12 Aug 2020, 14:52 by Uung

» WTS Ikan Hias Laut
Ikan Gabus Toman EmptySun 02 Aug 2020, 23:25 by vegeboy

» WTS Skimmer bubble magus qq2
Ikan Gabus Toman EmptyFri 31 Jul 2020, 11:32 by Ayipsyarif

» Marine additives : bacteria dosing
Ikan Gabus Toman EmptyFri 31 Jul 2020, 00:37 by Ayipsyarif

Top posters
Anaknemo (771)
Ikan Gabus Toman Vote_lcapIkan Gabus Toman Voting_barIkan Gabus Toman Vote_rcap 
Batavia_Aquatic (706)
Ikan Gabus Toman Vote_lcapIkan Gabus Toman Voting_barIkan Gabus Toman Vote_rcap 
Admin (640)
Ikan Gabus Toman Vote_lcapIkan Gabus Toman Voting_barIkan Gabus Toman Vote_rcap 
Adminjava (404)
Ikan Gabus Toman Vote_lcapIkan Gabus Toman Voting_barIkan Gabus Toman Vote_rcap 
indra nyimak (357)
Ikan Gabus Toman Vote_lcapIkan Gabus Toman Voting_barIkan Gabus Toman Vote_rcap 
erms (302)
Ikan Gabus Toman Vote_lcapIkan Gabus Toman Voting_barIkan Gabus Toman Vote_rcap 
rheinhard (295)
Ikan Gabus Toman Vote_lcapIkan Gabus Toman Voting_barIkan Gabus Toman Vote_rcap 
syedjilani (276)
Ikan Gabus Toman Vote_lcapIkan Gabus Toman Voting_barIkan Gabus Toman Vote_rcap 
Giest (273)
Ikan Gabus Toman Vote_lcapIkan Gabus Toman Voting_barIkan Gabus Toman Vote_rcap 
rully chank (183)
Ikan Gabus Toman Vote_lcapIkan Gabus Toman Voting_barIkan Gabus Toman Vote_rcap 

Ikan Gabus Toman

Go down

default Ikan Gabus Toman

Post by Capuletz_crew Mon 28 Apr 2014, 16:45

[You must be registered and logged in to see this image.]



Toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channidae). Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya.


Ikan toman dalam bahasa Inggris dikenal sebagai red snakehead, redline snakehead merujuk pada warna tubuhnya ketika muda, atauMalabar snakehead. Nama snakehead mengacu pada bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular. Sementara nama ilmiahnya adalah Channa micropeltes.
Ikan yang berkepala besar dan bermulut besar serta bergigi runcing tajam. Tubuh bulat panjang seperti torpedo dengan ekor membulat.


Ikan dewasa berwarna hitam kebiruan, dengan perut putih atau keputihan. Anak-anaknya berwarna kemerahan, dengan garis hitam dan jingga di sisi tubuhnya. Ikan toman dapat tumbuh sampai mendekati 1,5 m panjangnya.
Toman tergolong kepada ikan buas, yakni predator yang memangsa aneka jenis ikan lainnya, serta hewan-hewan lain seperti seranggadan kodok yang berada di lingkungannya.


Ikan ini memiliki kebiasaan ‘mengasuh’ anak-anaknya. Induk ikan seringkali didapati berenang di sekitar kelompok anak-anak toman yang masih kecil-kecil. Dilaporkan pula bahwa induk semacam ini juga tidak segan-segan menyerang orang yang berenang terlalu dekat, yang dikhawatirkan akan mengganggu anak-anaknya. Perilaku suka menyerang pengganggu ini dimanfaatkan orang Banjar di pedesaan untuk memancing induk toman dan haruan (gabus) menggunakan belibis yang diikat sebagai "pengganggu" agar induk ikan mendekat lalu diumpan dengan daging kodok.


Ikan toman menyebar luas di Indonesia bagian barat (SumatraKalimantan dan pulau-pulau sekitarnya), MalaysiaThailandLaosVietnamIndia, dan mungkin pula Myanmar. Keberadaannya di India barat daya (Tamilnadu dan Kerala) terasa janggal, karena terpisah sekitar 2500 km dari wilayah sebarannya yang lain di Asia Tenggara. Ikan ini diperkirakan dibawa masuk ke India oleh manusia sebelum abad ke-19.
Ikan toman merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang digemari. Dagingnya yang putih lembut menjadikan toman sebagai salah satu favorit untuk ikan bakar, digulai atau dimasak sup. Toman juga kerap diasinkan dan dijual ke Jawa sebagai ‘ikan gabus’ asin.


Di Singapura, toman dipelihara di kolam-kolam dan saluran untuk rekreasi memancing. Ikan ini disukai pemancing karena ‘tarikannya’ yang kuat ketika menyambar umpan di ujung kail.
Ikan toman yang muda berwarna indah dan disukai sebagai ikan akuarium. Karenanya, ikan ini kerap diekspor sebagai ikan hias ke mancanegara, termasuk ke Amerika Serikat.


Belakangan ikan-ikan ini menimbulkan masalah di sana. Tahun 2002 dan 2003 ditemukan empat ekor toman di perairan di Maryland dan Wisconsin. Diduga, ikan-ikan ini terlepas atau dilepaskan dari akuarium. Keberadaan ikan-ikan ini telah menggelisahkan pihak yang berwenang di negara itu karena dikhawatirkan akan berbiak, menginvasi dan mengganggu keseimbangan komunitas alami di perairan setempat.


Kekhawatiran ini juga mulai bisa dirasakan di Indonesia tepatnya di pulau jawa. Mulai banyak komunitas memancing atau individu-individu yang menyebarkan di perairan pulau jawa dengan alasan pelestarian atau pun sebagai hobi untuk pemancingan. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan, mengingat sifat toman yang merupakan predator yang sangat agresif dikhawatirkan akan mengganggu keanekaragaman hayati yang ada di pulau jawa karena memang toman bukanlah ikan native di pulau Jawa.
Capuletz_crew
Capuletz_crew
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 63
Points : 2609
Reputation : 1
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Ikan Gabus Toman

Post by Asfur Mon 28 Apr 2014, 17:15

Setuju banget gan dgn keganasan ikan toman ini. Sy spt mancing, trus piara di kolam, buset dah, dia bikin ikan lain se kolam stress. Dan stlh sy liat video ikan toman di outube, wah sy angkat tuh toman dan goreng aja deh. Drpd ntr ikan2 di kolam pada habis dibantai toman.

Asfur
Small Fish
Small Fish

Posts : 41
Points : 2598
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Ikan Gabus Toman

Post by lyon Mon 28 Apr 2014, 19:33

Asfur wrote:Setuju banget gan dgn keganasan ikan toman ini. Sy spt mancing, trus piara di kolam, buset dah, dia bikin ikan lain se kolam stress. Dan stlh sy liat video ikan toman di outube, wah sy angkat tuh toman dan goreng aja deh. Drpd ntr ikan2 di kolam pada habis dibantai toman.

hahahaha sadissss ya nih ikan
lyon
lyon
Small Fish
Small Fish

Posts : 44
Points : 2589
Reputation : 0
Join date : 2014-04-21

Back to top Go down

default Re: Ikan Gabus Toman

Post by sj_park Wed 18 Jun 2014, 19:15

Cpt berkembang biak and ganassss...

sj_park
Small Fish
Small Fish

Posts : 28
Points : 2523
Reputation : 0
Join date : 2014-06-18

Back to top Go down

default Re: Ikan Gabus Toman

Post by velarowana Wed 18 Jun 2014, 22:00

ikan favorit nih...jadi ingin pelihara yg besar lagi...

_________________
Regards
Velarowana
velarowana
velarowana
Moderator
Moderator

Posts : 145
Points : 2754
Reputation : 7
Join date : 2014-04-10
Age : 38
Location : jakarta barat

http://velarowana.blogspot.com

Back to top Go down

default Re: Ikan Gabus Toman

Post by sandinogumanik Mon 11 May 2020, 20:35

sangar dan liar haha

sandinogumanik
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 1
Points : 338
Reputation : 0
Join date : 2020-05-11

Back to top Go down

Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum