Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.



Latest topics
» WTS Ikan Hias Laut
Cara mudah merawat discus EmptySun 02 Aug 2020, 23:25 by vegeboy

» XIV Pico Reef Tank
Cara mudah merawat discus EmptySun 02 Aug 2020, 18:23 by XIV

» WTS Skimmer bubble magus qq2
Cara mudah merawat discus EmptyFri 31 Jul 2020, 11:32 by Ayipsyarif

» Marine additives : bacteria dosing
Cara mudah merawat discus EmptyFri 31 Jul 2020, 00:37 by Ayipsyarif

» How To Start Marine Tank - Part 2 : Getting Started With Your Tank
Cara mudah merawat discus EmptyFri 31 Jul 2020, 00:07 by Ayipsyarif

» Coral Pro Salt - Garam dengan kadar CA, MG, KH tinggi ( Big 3)
Cara mudah merawat discus EmptySun 26 Jul 2020, 17:30 by Dhiazt

» Tanya jawab seputar Additives dan Chemistry
Cara mudah merawat discus EmptyFri 24 Jul 2020, 12:48 by Bimosephano

» Cara menggantikan Kalsium dan alkalinity yang diserap biota di reef tank
Cara mudah merawat discus EmptyFri 24 Jul 2020, 11:37 by Bimosephano

» Jual Obat Kuat Viagra Asli Di Tangerang 082122587085 Ciri Ciri Viagra Asli Di Tangerang
Cara mudah merawat discus EmptyTue 21 Jul 2020, 09:55 by Obatkuatditangerang

» Telur ikan Rainbow Balloon
Cara mudah merawat discus EmptyFri 03 Jul 2020, 16:31 by SweetSalt

» Our store
Cara mudah merawat discus EmptySun 28 Jun 2020, 09:16 by ReefPublic

» How to Start Marine Tank - Part 1 : What You Need Before Starting
Cara mudah merawat discus EmptyThu 18 Jun 2020, 23:03 by dhanoizetiq

» Akuarium DIY
Cara mudah merawat discus EmptyFri 29 May 2020, 12:28 by yohanwin

» How to set up : Quarantine Tank / Hospital Tank
Cara mudah merawat discus EmptyWed 27 May 2020, 17:34 by antonhendratmo

» Cupang fighter
Cara mudah merawat discus EmptyMon 25 May 2020, 21:50 by Mentewpow

» Tempat hunting ikan Guppy/Molly/Platy
Cara mudah merawat discus EmptySun 24 May 2020, 20:35 by Julian89

» Reef Option - Homemade Additive by Batavia Aquatic
Cara mudah merawat discus EmptyFri 22 May 2020, 08:02 by Batavia_Aquatic

» Atlas of Fishes - Butterflyfishes
Cara mudah merawat discus EmptyFri 22 May 2020, 07:59 by Batavia_Aquatic

» Ikan Gabus Toman
Cara mudah merawat discus EmptyMon 11 May 2020, 20:35 by sandinogumanik

» WTS Vortech MP10WES
Cara mudah merawat discus EmptyFri 08 May 2020, 09:03 by tsandhy

» Leuweung Forest
Cara mudah merawat discus EmptySat 02 May 2020, 04:47 by Aldi Supandi

» DIY Cone Skimmer
Cara mudah merawat discus EmptyTue 28 Apr 2020, 17:14 by satriaDante

» Proses Aklimasi Pada Calon Penghuni Baru
Cara mudah merawat discus EmptyMon 13 Apr 2020, 00:58 by berakal

» Marine additives : DIY dosing kalsium, magnesium, dan carbonate
Cara mudah merawat discus EmptyTue 24 Mar 2020, 20:38 by arfmlyn

» Tank Karantina Dengan Cupramine
Cara mudah merawat discus EmptyTue 17 Mar 2020, 20:52 by arnata

» About Ozora reef aquatic
Cara mudah merawat discus EmptyTue 17 Mar 2020, 15:20 by Ozora Reef Aquatic

» tolong dibantu Review Kandila Advance Marine 24L Tank 275x275x320
Cara mudah merawat discus EmptyFri 13 Mar 2020, 07:56 by aditSingal

» Cara Tepat Mencerahkan Warna Sisik Ikan Koi
Cara mudah merawat discus EmptyFri 06 Mar 2020, 14:00 by gdmgonature

» TEMPAT BERTANYA NAMA KORAL YANG TIDAK DIKETAHUI
Cara mudah merawat discus EmptySun 23 Feb 2020, 12:40 by reefer reefer

» 4 Jenis Ikan cupang yang mahal
Cara mudah merawat discus EmptyWed 19 Feb 2020, 02:25 by tamsilnang

Top posters
Anaknemo (771)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
Batavia_Aquatic (706)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
Admin (640)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
Adminjava (404)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
indra nyimak (357)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
erms (302)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
rheinhard (295)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
syedjilani (276)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
Giest (273)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
rully chank (183)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 

Cara mudah merawat discus

Go down

default Cara mudah merawat discus

Post by Admin on Wed 09 Apr 2014, 20:40

Cara Mudah Merawat Diskus (Discus)
Memelihara diskus ? diskus kan sulit perawatannya !. Banyak para pencinta ikan hias terutama yang ingin mulai memelihara jenis ikan ini mengatakan hal demikian. Padahal tidak sulit dalam memeliharanya, pemeliharaan ikan ini sama halnya dengan memelihara ikan hias pada umumnya. Tidak membutuhkan keahlian khusus dan perawatannya terbilang mudah. Yang perlu kita ketahui adalah bagaimana dan dalam kondisi bagaimana diskus itu bisa hidup dan apa saja yang perlu kita ketahui untuk memulai memelihara ikan ini.
Seperti ikan-ikan hias pada umumnya, letak keberhasilan dalam merawat diskus adalah penanganan yang benar. Diskus adalah ikan yang membutuhkan kondisi dalam akuarium yang stabil, karena bila kondisi lingkungan labil ikan ini sangat tidak tahan, diskus sangat rentan terhadap sesuatu yang asing baginya. Untuk menciptakan kondisi yang stabil bagi diskus, ada beberapa cara dan hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum meemlihara si ikan gepeng ini.

Belilah ikan diskus di tempat yang dipercaya/benar. Jangan sekali-kali membeli diskus disembarang tempat. Sebab jika kita membeli di tempat yang benar, kita akan bisa mendapatkan ikan yang kondisinya tentu baik. Tidak itu saja, di tempat tersebut kita bisa berkonsultasi bagaimana memelihara ikan diskus yang baik dan benar.

Sediakan Akuarium yang sudah diisi dengan air beserta filter dalam kondisi hidup. Air yang ada dalam akuarium harus diendapkan minimal 24 jam. Tujuannya untuk mengurangi kejenuhan. Air yang belum diendapkan dikhawatirkan masih mengandung bakteri ataupun penyakit lain yang dapat mengancam hidup ikan. Yang tidak kalah penting jangan menggunakan air sumur secara langsung, karena air sumur banyak mengandung zat besi yang tinggi dan tidak baik bagi pertumbuhan ikan.

Suhu air harus berada pada posisi 30 – 32 ° C. Di bawah angka tersebut, ikan akan kehilangan daya tahan tubuh. Diskus akan mudah terserang penyakit yang pada akhirnya yang didapat kematian ikan. Suhu terlalu tinggi juga mengakibatkan ikan ini tidak bertahan lama. Heater harus selalu dalam kondisi ON.

Kebersihan akuarium harus selalu dijaga dengan baik. Untuk itulah seminggu sekali air harus diganti. Penggantian air hanya perlu 40 – 50 % volume air akuarium. Juga, setiap bulan air dalam akuarium beserta perlengkapan filter harus dibersihkan. Setiap pergantian air, masukkan garam ikan sebanyak 1 sendok makan. Pergantian air sendiri dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran seperti lendir ikan. Lendir yang tersisa sangat mudah menimbulkan bakteri ataupun penyakit.

Jangan terlalu banyak memberikan obat-obatan dalam dosis tinggi. Jangan mudah memberi obat jika ikan terkena penyakit. Pemberian obat yang salah, bukan malah menyembuhkan tetapi bisa menyebabkan keracunan pada ikan. Ada baiknya bila ikan kita sakit konsultasikan kepada penjual tempat anda membeli ikan.

Pemberian pakan pada diskus, sebaiknya pakan yang halus, sebab pencernaan diskus lebih kecil dibandingka dengan ikan hias lain yang masih kerabat. Bila diberikan makanan yang kasar pencernaan diskus akan terganggu.
Bila hal-hal tersebut diatas kita perhatikan, maka kita siap memelihara ikan gepeng ini dan ikan akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selamat mencoba
Admin
Admin
Giant Fish
Giant Fish

Posts : 640
Points : 3494
Reputation : 48
Join date : 2014-04-08
Location : In Indofishclub web

https://www.indofishclub.com

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by velarowana on Fri 11 Apr 2014, 14:39

hmmm saya kurang beruntung dalam miara ni ikan huhuhu padahal ingin banget..
velarowana
velarowana
Moderator
Moderator

Posts : 145
Points : 2507
Reputation : 5
Join date : 2014-04-10
Age : 38
Location : jakarta barat

http://velarowana.blogspot.com

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by yosepiskandar on Sun 22 Jun 2014, 05:27

saran buat yang piRa discus,siapin aja penampungan,mau aquarium lg atau ember,kasih heater..tiap kali ganti air,pake air yang udah di heaterin.biat penyakit,yang paling sulit itu velvet..sAma ee putih..kalau penanganan saya sih pas ikan nya kena velvet,aquarium atau ember yang tdnya buat penampungan digunakan buat aquarium pengganti.pindahin semua ikan diskus yang sakit maupun gak sakit(biasa gak lama kena juga) ke penampungan,kasih aerator..dan masukin antibiotik orang( cpro) terus aquarium lama kuras abis,bersihin,isi baru,panasain lg pake heater..kalau udah anget,setengah hari atau sehari jg cukup..selama diobatin jangan lupa kasih aerator.pernah koit seaquarium gara2 lupa pasang aerator 2 jam..terus kalau aquarium yang udah dibersihin siap,pindahin lagi semua ikan ke aquarium pertama..penampungan jangan lupa dibersihkan juga..liat perubahahn ikannya,pasti 80 persen udah mendingan..kasih cpro lg secukupnya.1 sd 2tablet untuk aquarium 76 liter ..selama pengobatan dari dipindahin sd ke aquarium baru puasain ikannya..ganti air 50 persen sambil kasih cpro lg dosis disesuaikan..terus kalau buat ee purih,pake metrodinazole..obat perut manusia..tp untuk yang ini angin2 an..klo udah kena ee putih kaya orang tbc..kuntet ikannya biasanya..sekian dari saya..pengalaman piara diskus,makin diutak utik,makin cpt mati..antepin aja,ga usah banyak obat ini itu kalau sakit..mudah2 an bisa buat masukan.sekarang sy masih piara juga sama marine aquarium

yosepiskandar
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 4
Points : 2260
Reputation : 0
Join date : 2014-06-08

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by Als on Fri 29 Aug 2014, 20:12

Discus saya 2x kena white faeces, langsung dikasih Metro & karantina... Discus pertama sembuh, yang kedua lewat.

Bener kata Yosep, untung2an...
Als
Als
Big Fish
Big Fish

Posts : 106
Points : 2325
Reputation : 3
Join date : 2014-08-29
Location : Jakarta

http://MantraUANG.net

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by zougie on Thu 22 Oct 2015, 10:14

Kalau ikan discus ditaruh dalam satu aquascape dengan udang hias bisa gak ya?
masih pemula nih, minta sarannya gan

zougie
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 3
Points : 1761
Reputation : 1
Join date : 2015-10-22
Age : 30
Location : surakarta

http://santaisaja.net

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by aquahobby on Thu 22 Oct 2015, 10:28

zougie wrote:Kalau ikan discus ditaruh dalam satu aquascape dengan udang hias bisa gak ya?
masih pemula nih, minta sarannya gan
Bisa saja om...ga masalah
aquahobby
aquahobby
Small Fish
Small Fish

Posts : 41
Points : 2351
Reputation : 0
Join date : 2014-04-18

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by kmoce on Fri 12 Feb 2016, 15:43

maksudnya sembarang tempat gimana kak ..

kmoce
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 5
Points : 1647
Reputation : 0
Join date : 2016-02-12

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by b2okane on Thu 25 Feb 2016, 00:31

wah harus pake heater terus ya supaya anget airnya..

b2okane
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 3
Points : 1633
Reputation : 0
Join date : 2016-02-24

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by andreas on Tue 03 Jan 2017, 08:40

Mau nanya Kalau discus disatukan dengan aquascape gen caranya ya?  seperti yg kita tau aquascape butuh dingin sedangkan discus butuh panas. Mohon pencerahan. Tq

andreas
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 2
Points : 1633
Reputation : 0
Join date : 2016-02-23

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by Tarantula on Tue 03 Jan 2017, 09:33

andreas wrote:Mau nanya Kalau discus disatukan dengan aquascape gen caranya ya?  seperti yg kita tau aquascape butuh dingin sedangkan discus butuh panas. Mohon pencerahan. Tq
kelihatannya kalau mau piara discus2 saja, sulit disatukan dengan aquascape sepertinya mustahil

Tarantula
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 2
Points : 2101
Reputation : 0
Join date : 2014-11-12

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by annanda on Wed 24 May 2017, 17:11

mau tanya nih gan,
sulit mana pelihara udang hias ama discus ?
kmaren sempet plihara udang, pengennya sih buat penghasilan tambahan. Sy pikir mudah, eh trnyata sangat sensitif dg param dan suhu. Hasilnya ratusan udang banyak yg koit. Yg nyisa sekarang tinggal anakan doank. Param air kurang bagus dg gampang skali swing karena suhu agak panas (surabaya). Angkat tangan ama udang, pengen cari alternative yg cocok plihara apa buat kondisi air yg hard dan suhu agak panas. Apa discuss cocok di tank sy? PH 8 GH7 KH6 temperatur 28-30C

annanda
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 13
Points : 1242
Reputation : 0
Join date : 2017-03-31
Location : Surabaya

http://www.translombok.co.id

Back to top Go down

Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum