Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.




Latest topics
» XIV Nano Reef Tank
Cara mudah merawat discus EmptyFri 03 Dec 2021, 20:18 by XIV

» Advanced topic : Pentingnya Keseimbangan kalsium dan Carbonate dalam reef aquarium
Cara mudah merawat discus EmptyThu 28 Oct 2021, 23:15 by Widi

» Tanya jawab seputar Additives dan Chemistry
Cara mudah merawat discus EmptyMon 25 Oct 2021, 01:09 by Widi

» Aulonocara di Kolam Tanpa Powerhead
Cara mudah merawat discus EmptySat 03 Jul 2021, 18:27 by Mrxlazuardin

» 3 Hasil Tangkapan Ikan Terbesar di Dunia
Cara mudah merawat discus EmptyFri 11 Jun 2021, 06:32 by sarilegen

» Donut terlepas dari Cangkang
Cara mudah merawat discus EmptyThu 10 Jun 2021, 10:12 by hermasyah.1972

» Atlas of Fishes - Gobies
Cara mudah merawat discus EmptyFri 04 Jun 2021, 17:47 by xenkzz

» WTS Coral peliharaan
Cara mudah merawat discus EmptySun 23 May 2021, 20:13 by bowo04

» Mencari n.Multifasciatus
Cara mudah merawat discus EmptySat 22 May 2021, 11:30 by coktsa

» Dihibahkan akuarium uk 120cm
Cara mudah merawat discus EmptySun 18 Apr 2021, 04:54 by landax

» Hibah Lion Fish Cepetan
Cara mudah merawat discus EmptySun 18 Apr 2021, 04:53 by landax

» About Shanjaya Aquatic
Cara mudah merawat discus EmptyThu 15 Apr 2021, 18:24 by Shanjaya Aquatic

» Air Hujan
Cara mudah merawat discus EmptyWed 10 Mar 2021, 08:30 by Hendra Halim

» XIV's Aquascape Tanks
Cara mudah merawat discus EmptyThu 04 Feb 2021, 09:46 by Asfur

» TEMPAT BERTANYA NAMA KORAL YANG TIDAK DIKETAHUI
Cara mudah merawat discus EmptyThu 28 Jan 2021, 18:32 by Dan

» Yuk diskusi tentang air payau dan lingkungan sekitarnya kawan-kawan
Cara mudah merawat discus EmptyWed 13 Jan 2021, 08:49 by Asfur

» Tank belum jadi (Tank belajar..) :D _TOTY IFC-2018
Cara mudah merawat discus EmptyThu 07 Jan 2021, 11:21 by singsing1314

» WTS Aquarium cube 30cm, Red Sea AB+ ecer, Auto top off, Skimmer peralatan Reef Aquascape
Cara mudah merawat discus EmptyThu 07 Jan 2021, 03:06 by sasugadesu

» How to Start Marine Tank - Part 1 : What You Need Before Starting
Cara mudah merawat discus EmptyMon 28 Dec 2020, 07:33 by Edy siswanto

» Tempat hunting ikan Cichlid
Cara mudah merawat discus EmptyMon 21 Dec 2020, 21:59 by ezh92ther

» How To Start Marine Tank - Part 2 : Getting Started With Your Tank
Cara mudah merawat discus EmptyFri 04 Dec 2020, 20:47 by Wahyu73st

» Arwana Golden dan Blue base body
Cara mudah merawat discus EmptyWed 02 Dec 2020, 09:49 by Napas

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Cara mudah merawat discus EmptySun 22 Nov 2020, 16:40 by Tripoedjianto

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Cara mudah merawat discus EmptySun 22 Nov 2020, 16:38 by Tripoedjianto

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Cara mudah merawat discus EmptySun 22 Nov 2020, 16:38 by Tripoedjianto

» Cari udang hias Sulawesi (sule)
Cara mudah merawat discus EmptySun 22 Nov 2020, 16:38 by Tripoedjianto

» Dimana saya bisa cari udang hias Sulawesi
Cara mudah merawat discus EmptySun 22 Nov 2020, 16:20 by Tripoedjianto

» Our Product
Cara mudah merawat discus EmptyFri 06 Nov 2020, 15:43 by Fugu Marine Official

» 3 Cara memasukan foto
Cara mudah merawat discus EmptyFri 16 Oct 2020, 11:03 by daftargamepkv

» Bayi molly berkurang terus...
Cara mudah merawat discus EmptyMon 05 Oct 2020, 09:47 by FauzyAulia

Top posters
Anaknemo (771)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
Batavia_Aquatic (706)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
Admin (640)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
Adminjava (404)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
indra nyimak (357)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
erms (302)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
rheinhard (295)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
syedjilani (276)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
Giest (273)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 
rully chank (183)
Cara mudah merawat discus Vote_lcapCara mudah merawat discus Voting_barCara mudah merawat discus Vote_rcap 

Cara mudah merawat discus

+7
kmoce
aquahobby
zougie
Als
yosepiskandar
velarowana
Admin
11 posters

Go down

default Cara mudah merawat discus

Post by Admin Wed 09 Apr 2014, 20:40

Cara Mudah Merawat Diskus (Discus)
Memelihara diskus ? diskus kan sulit perawatannya !. Banyak para pencinta ikan hias terutama yang ingin mulai memelihara jenis ikan ini mengatakan hal demikian. Padahal tidak sulit dalam memeliharanya, pemeliharaan ikan ini sama halnya dengan memelihara ikan hias pada umumnya. Tidak membutuhkan keahlian khusus dan perawatannya terbilang mudah. Yang perlu kita ketahui adalah bagaimana dan dalam kondisi bagaimana diskus itu bisa hidup dan apa saja yang perlu kita ketahui untuk memulai memelihara ikan ini.
Seperti ikan-ikan hias pada umumnya, letak keberhasilan dalam merawat diskus adalah penanganan yang benar. Diskus adalah ikan yang membutuhkan kondisi dalam akuarium yang stabil, karena bila kondisi lingkungan labil ikan ini sangat tidak tahan, diskus sangat rentan terhadap sesuatu yang asing baginya. Untuk menciptakan kondisi yang stabil bagi diskus, ada beberapa cara dan hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum meemlihara si ikan gepeng ini.

Belilah ikan diskus di tempat yang dipercaya/benar. Jangan sekali-kali membeli diskus disembarang tempat. Sebab jika kita membeli di tempat yang benar, kita akan bisa mendapatkan ikan yang kondisinya tentu baik. Tidak itu saja, di tempat tersebut kita bisa berkonsultasi bagaimana memelihara ikan diskus yang baik dan benar.

Sediakan Akuarium yang sudah diisi dengan air beserta filter dalam kondisi hidup. Air yang ada dalam akuarium harus diendapkan minimal 24 jam. Tujuannya untuk mengurangi kejenuhan. Air yang belum diendapkan dikhawatirkan masih mengandung bakteri ataupun penyakit lain yang dapat mengancam hidup ikan. Yang tidak kalah penting jangan menggunakan air sumur secara langsung, karena air sumur banyak mengandung zat besi yang tinggi dan tidak baik bagi pertumbuhan ikan.

Suhu air harus berada pada posisi 30 – 32 ° C. Di bawah angka tersebut, ikan akan kehilangan daya tahan tubuh. Diskus akan mudah terserang penyakit yang pada akhirnya yang didapat kematian ikan. Suhu terlalu tinggi juga mengakibatkan ikan ini tidak bertahan lama. Heater harus selalu dalam kondisi ON.

Kebersihan akuarium harus selalu dijaga dengan baik. Untuk itulah seminggu sekali air harus diganti. Penggantian air hanya perlu 40 – 50 % volume air akuarium. Juga, setiap bulan air dalam akuarium beserta perlengkapan filter harus dibersihkan. Setiap pergantian air, masukkan garam ikan sebanyak 1 sendok makan. Pergantian air sendiri dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran seperti lendir ikan. Lendir yang tersisa sangat mudah menimbulkan bakteri ataupun penyakit.

Jangan terlalu banyak memberikan obat-obatan dalam dosis tinggi. Jangan mudah memberi obat jika ikan terkena penyakit. Pemberian obat yang salah, bukan malah menyembuhkan tetapi bisa menyebabkan keracunan pada ikan. Ada baiknya bila ikan kita sakit konsultasikan kepada penjual tempat anda membeli ikan.

Pemberian pakan pada diskus, sebaiknya pakan yang halus, sebab pencernaan diskus lebih kecil dibandingka dengan ikan hias lain yang masih kerabat. Bila diberikan makanan yang kasar pencernaan diskus akan terganggu.
Bila hal-hal tersebut diatas kita perhatikan, maka kita siap memelihara ikan gepeng ini dan ikan akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selamat mencoba
Admin
Admin
Giant Fish
Giant Fish

Posts : 640
Points : 3977
Reputation : 48
Join date : 2014-04-08
Location : In Indofishclub web

https://www.indofishclub.com

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by velarowana Fri 11 Apr 2014, 14:39

hmmm saya kurang beruntung dalam miara ni ikan huhuhu padahal ingin banget..
velarowana
velarowana
Moderator
Moderator

Posts : 145
Points : 2992
Reputation : 7
Join date : 2014-04-10
Age : 39
Location : jakarta barat

http://velarowana.blogspot.com

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by yosepiskandar Sun 22 Jun 2014, 05:27

saran buat yang piRa discus,siapin aja penampungan,mau aquarium lg atau ember,kasih heater..tiap kali ganti air,pake air yang udah di heaterin.biat penyakit,yang paling sulit itu velvet..sAma ee putih..kalau penanganan saya sih pas ikan nya kena velvet,aquarium atau ember yang tdnya buat penampungan digunakan buat aquarium pengganti.pindahin semua ikan diskus yang sakit maupun gak sakit(biasa gak lama kena juga) ke penampungan,kasih aerator..dan masukin antibiotik orang( cpro) terus aquarium lama kuras abis,bersihin,isi baru,panasain lg pake heater..kalau udah anget,setengah hari atau sehari jg cukup..selama diobatin jangan lupa kasih aerator.pernah koit seaquarium gara2 lupa pasang aerator 2 jam..terus kalau aquarium yang udah dibersihin siap,pindahin lagi semua ikan ke aquarium pertama..penampungan jangan lupa dibersihkan juga..liat perubahahn ikannya,pasti 80 persen udah mendingan..kasih cpro lg secukupnya.1 sd 2tablet untuk aquarium 76 liter ..selama pengobatan dari dipindahin sd ke aquarium baru puasain ikannya..ganti air 50 persen sambil kasih cpro lg dosis disesuaikan..terus kalau buat ee purih,pake metrodinazole..obat perut manusia..tp untuk yang ini angin2 an..klo udah kena ee putih kaya orang tbc..kuntet ikannya biasanya..sekian dari saya..pengalaman piara diskus,makin diutak utik,makin cpt mati..antepin aja,ga usah banyak obat ini itu kalau sakit..mudah2 an bisa buat masukan.sekarang sy masih piara juga sama marine aquarium

yosepiskandar
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 4
Points : 2743
Reputation : 0
Join date : 2014-06-08

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by Als Fri 29 Aug 2014, 20:12

Discus saya 2x kena white faeces, langsung dikasih Metro & karantina... Discus pertama sembuh, yang kedua lewat.

Bener kata Yosep, untung2an...
Als
Als
Big Fish
Big Fish

Posts : 106
Points : 2809
Reputation : 4
Join date : 2014-08-29
Location : Jakarta

http://MantraUANG.net

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by zougie Thu 22 Oct 2015, 10:14

Kalau ikan discus ditaruh dalam satu aquascape dengan udang hias bisa gak ya?
masih pemula nih, minta sarannya gan

zougie
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 3
Points : 2244
Reputation : 1
Join date : 2015-10-22
Age : 31
Location : surakarta

http://santaisaja.net

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by aquahobby Thu 22 Oct 2015, 10:28

zougie wrote:Kalau ikan discus ditaruh dalam satu aquascape dengan udang hias bisa gak ya?
masih pemula nih, minta sarannya gan
Bisa saja om...ga masalah
aquahobby
aquahobby
Small Fish
Small Fish

Posts : 41
Points : 2834
Reputation : 0
Join date : 2014-04-18

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by kmoce Fri 12 Feb 2016, 15:43

maksudnya sembarang tempat gimana kak ..

kmoce
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 5
Points : 2130
Reputation : 0
Join date : 2016-02-12

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by b2okane Thu 25 Feb 2016, 00:31

wah harus pake heater terus ya supaya anget airnya..

b2okane
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 3
Points : 2116
Reputation : 0
Join date : 2016-02-24

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by andreas Tue 03 Jan 2017, 08:40

Mau nanya Kalau discus disatukan dengan aquascape gen caranya ya?  seperti yg kita tau aquascape butuh dingin sedangkan discus butuh panas. Mohon pencerahan. Tq

andreas
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 2
Points : 2116
Reputation : 0
Join date : 2016-02-23

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by Tarantula Tue 03 Jan 2017, 09:33

andreas wrote:Mau nanya Kalau discus disatukan dengan aquascape gen caranya ya?  seperti yg kita tau aquascape butuh dingin sedangkan discus butuh panas. Mohon pencerahan. Tq
kelihatannya kalau mau piara discus2 saja, sulit disatukan dengan aquascape sepertinya mustahil

Tarantula
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 2
Points : 2584
Reputation : 0
Join date : 2014-11-12

Back to top Go down

default Re: Cara mudah merawat discus

Post by annanda Wed 24 May 2017, 17:11

mau tanya nih gan,
sulit mana pelihara udang hias ama discus ?
kmaren sempet plihara udang, pengennya sih buat penghasilan tambahan. Sy pikir mudah, eh trnyata sangat sensitif dg param dan suhu. Hasilnya ratusan udang banyak yg koit. Yg nyisa sekarang tinggal anakan doank. Param air kurang bagus dg gampang skali swing karena suhu agak panas (surabaya). Angkat tangan ama udang, pengen cari alternative yg cocok plihara apa buat kondisi air yg hard dan suhu agak panas. Apa discuss cocok di tank sy? PH 8 GH7 KH6 temperatur 28-30C

annanda
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 13
Points : 1725
Reputation : 0
Join date : 2017-03-31
Location : Surabaya

http://www.translombok.co.id

Back to top Go down

Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum