IFC EVENT 2017

Translator for this Forum
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
<Widget by DAW-XP
Latest topics
» wtb chiller kapasitas lebih dari 500 liter
Wed 20 Sep 2017, 14:47 by awink76

» lampu LED
Wed 20 Sep 2017, 14:40 by awink76

» Tempat hunting ikan Guppy/Molly/Platy
Tue 19 Sep 2017, 11:28 by emen46

» 12 tipe ekor guppy berdasarkan ciri2nya
Tue 19 Sep 2017, 11:16 by emen46

» Jual Akuarium Air Laut & Beserta Isinya
Tue 19 Sep 2017, 11:07 by Andi_Reef

» Apakah tanda tanda koral batu hiu mau mati
Thu 14 Sep 2017, 12:41 by Indigo

» Set up sump filter
Thu 14 Sep 2017, 09:37 by Flame angel

» Jual Adam Chiller 1 PK
Wed 13 Sep 2017, 20:49 by Andi_Reef

» For Sale Equipment
Tue 12 Sep 2017, 21:15 by Mumu

» Soft Corals, Polip dan Jamur
Mon 11 Sep 2017, 10:35 by Elona

» Jual Lengkap
Sun 10 Sep 2017, 23:12 by Hecksaw

» Pengganti karang jahe di sump.
Wed 06 Sep 2017, 14:40 by Aristowoles

» Neolamprologus multifasciatus
Mon 04 Sep 2017, 17:18 by heikkil

» sump filter
Sun 03 Sep 2017, 17:48 by Aristowoles

» Jual Lampu LED
Sun 03 Sep 2017, 13:13 by Reza andhika

Top posting users this week
emen46
 
awink76
 
Andi_Reef
 

INDOFISHCLUB OFFICIAL VIDEO
INDOFISHCLUB 1 YEARS ANNIVERSARY

INDOFISHCLUB EXHIBITION


INDOFISHCLUB 3 YEARS ANNIVERSARY

Jenis-jenis Ikan Predator yang biasa dipelihara

View previous topic View next topic Go down

default Jenis-jenis Ikan Predator yang biasa dipelihara

Post by Admin on Sat 12 Apr 2014, 20:09

Ikan Gabus
Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di pelbagai daerah: bocek dari riau, aruan,haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).


Ikan Piranha
Walaupun ikan ini banyak dimunculkan di film-film horror buatan manusia, namun sesungguhnya di dunia nyata ikan ini memang ganas dan menakutkan. Barisan gigi-gigi tajamnya tersusun rapat dan tersambung satu sama lainnya. Gigi-gigi itu didesain sempurna untuk menusuk dan mencabik-cabik daging dengan cepat dimana ikan ini tergolong memiliki nafsu makan yang rakus. Jika sedang lapar dan tidak ada pilihan lain ikan ini juga agresif terhadap jenisnya sendiri dan melakukan kanibalisme.

Ikan piranha memiliki nama latin Pygocentrus nattereri. Berasal dari daerah lembah sungai Amazon, dan menyebar hingga sungai bagian timur laut Brasil, dan lembah sungai Paraguai, Paranai dan Essequibo. Piranha merupakan tipe hewan berkoloni. Ikan piranha dapat mencapai ukuran 33 cm dengan berat 3,5 kg.
Meski piranha berburu mangsa dengan kejam dan sangat teroganisir, pada saat defence tertentu ikan ini juga memakan tumbuhan seperti rumput. Penelitian juga menyatakan perilaku ikan ini yang membentuk sebuah kelompok besar sebagai pertahanannya terhadap predator seperti buaya dan lumba-lumba sungai sekaligus sebuah strategi untuk memangsanya. Meskipun cuma ikan – sobat mungkin lebih memandangnya lebih cocok menjadi santapan dinner daripada sebaliknya – sobat tidak akan sungguh-sungguh nyemplung di perairan Amazon dengan kaki telanjang untuk mengundang para pencabik daging itu. Sobat mungkin biasa memberi makanan pada binatang, tapi yang satu ini akan menyerbu dan mencabik-cabik tanpa menunggu undangan kedua.

Ikan Palmas
Palmas merupakan ikan yang tergolong dalam Family Polypteridae (Bichir), artinya ikan bersirip banyak. Ikan ini termasuk ikan primitif dan sering disebut sebagai "snake like fish" (ikan ular). Penyebaran adalah di Afrika Barat.

Palmas adalah ikan pemangsa (predator), carnivora. Ikan ini mempunyai kemampuan untuk mengambil udara dengan alat yang telah termodifikasi sedemikan rupa menyerupai paru-paru, disamping itu ia mampu untuk merayap diatas tanah dengan menggunakan sirip dadanya yang kuat. Oleh karenanya dalam mememihara palmas dianjurkan agar memberikan penutup yang baik untuk mencegah ikan tersebut kabur. Palmas dapat dipelihara bersama-sama dengan ikan golongan Cichlidae yang memiliki ukuran lebih besar.

Panjang rata-rata ikan palmas adalah 30 cm. Hidup pada kisaran pH 6.5 - 7, dan temperatur 16-27 ° C. Sebagai carnivora, pakan utama palmas adalah pakan hidup berupa ikan kecil, atau daging-dagingan lain seperti daging udang atau daging ikan.


Ikan Payara (Ikan Vampire)
Payara/vampire fish adalah ikan dari sungai amazon.Payara hidup di air yang berarus deras di Brazil, Bolivia, Peru, Ekuador dan Venezuela.

Ikan payara dapat mencapai panjang 1,2 meter lebih dan berat 18 kg.Payara adalah ikan yang sangat agresif dan bisa memangsa ikan sejenisnya,bahkan ikan ini bisa memakan ikan setengah ukuran badanya.Yang unik dari ikan ini adalah gigi taring yang panjang didepan,makanya dijuluki vampire fish.Hidup di air bersuhu 24°C - 28°C

Dikalangan hobis ikan predator banyak yang memelihara ikan ini di aqua ketika masih kecil.Untuk pengaturan aqua hendaknya diberi dasar pasir dan batuan untuk bersembunyi.Untuk payara tidak diperlukan tumbuhan karena ikan ini biasa bergerak diperairan deras.Pakan untuk ikan jelas adalah ikan kecil lainya bisa juga dilatih makan ikan mati yang beku,tapi tentunya tidak menarik dilihat bagi sebagian orang.

Selain disukai para hobis aqua Payara juga disukai para pemancing.Ikan ini dikenal dengan fightnya yang mengesankan mempunyai daya juang tinggi.Selain itu ikan ini juga bisa melompat ketika berusaha melepaskan mata kail (kaya marlin kali ya).Biasanya untuk menagkap ikan ini digunakan teknik cast dengan spon/jig,pastikan juga anda mempunyai banyak persediann tali/neklin karena ikan ini bergigi tajam.

Ikan Oscar
Ikan Oscar yang memiliki nama latin Astronotus adalah sebuah genus ikan dari familia Cichlidae. Diketahui ada dua spesies dalam genus ini, dan keduanya ditemukan di Amerika Selatan. Ikan oscar adalah omnivora dan memakan ikan kecil, moluska, serta binatang yang tidak bertulang belakang.
Astronotus ocellatus atau ikan oscar, terkenal sebagai ikan hias yang sering dipelihara di aquarium. Ikan Oscar (Astronotus ocellatus) merupakan salah satu jenis cichlid yang telah relatif lama dikenal oleh manusia. Ikan ini sudah kurang lebih 50 tahun akrab dengan manusia. Ikan Oscar ini berasal dari Amerika Selatan, Sungai Amazon, Parana, Rio Paraguay, dan Rio Negro. Hampir semua Ikan Oscar yang beredar saat ini adalah hasil dari pembudidayaan, jarang yang merupakan tangkapan asli dari habitatnya.

Selain warna batik atau macan, ikan oscar juga ada yang jenis albino dengan warna dasar putik kekuningan. Oscar jantan memiliki ciri warna merah pada tutup insang dekat perut dan mempunyai tiga buah lingkaran hitam pada sirip punggung. Sementara pada betina, warna tersebut kabur dan tidak ada tanda lain. Oscar dapat mencapai ukuran 35 cm, akan tetapi rata-rata ikan ini berukuran maksimal 30 cm.
Keunikan lain dari ikan oscar adalah ikan ini termaasuk ikan yang cerdas, mereka dapat belajar dengan cepat mengenai jadwal makannya. Hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan makanannya dapat direkam dengan baik oleh ikan ini.

Beberapa jenis oscar yang dikembangbiakan:
- Tiger Oscar
- Red Tiger Oscar
- Albino Tiger Oscar
- Albino Red Oscar
- Gold Oscar
- Half Back Oscar
- Long Fin Oscar

Ikan oscar ini adalah ikan predator sehingga biasanya ia memakan ikan yang lebih kecil dari tubuhnya atau seukuran mulutnya. Pakan untuk ikan oscar yaitu pellet, jangkrik, cacing, ikan cere, udang, ikan mas kecil dan pakan hidup lainnya.

Redtail Catfish
Redtail catfish atau Red-tailed Catfish, adalah jenis ikan air tawar. Nama ilmiah dari ikan ini adalah Phractocephalus hemioliopterus. Redtail catfish merupakan salah satu jenis ikan lele yang indah. Separuh bagian badan ikan ini adalah coklat kehitaman, yaitu bagian atas mulai dari kepala sampai ke pangkal ekor. Separuh tubuhnya berwarna putih, yaitu mulai dari bawah mulutnya hingga sampai ke pangkal ekor. Yang menjadi bagian terindah dari ikan ini adalah – sesuai dengan namanya – tentu saja pada ekornya. Ia memiliki ekor berwarna merah cerah. Keunikan lain dari redtail catfish adalah pada bagian kepala hingga ke pangkal sirip punggungnya, dipenuhi oleh corak batik yang indah. secara morfologis, ikan ini sungguh layak dijadikan ikan hias ukuran besar.

Asal Redtail Catfish adalah dari perairan Amerika selatan. Ia banyak ditemukan pada cekungan-cekungan sepanjang sungai Amazon,Orinoco dan juga Essequibo. Selain itu, ikan ini juga banyak ditemukan di danau atau pun sungai di Thailand.Namun ada ciri yang membedakan Redtail catfish asal amerika selatan dengan yang berasal dari Thailand (Asia). Ikan asal Thailand memiliki warna punggung abu-abu terang, lebih terang dari Redtail Catfish asal Amerika Selatan. Nama ilmiah dari Redtail Catfish asal Thailand adalah Hemibagrus wyckioides.

Redtail Catfish lebih banyak menghabiskan waktunya di dasar perairan (termasuk diaquarium). Sejalan dengan usianya yang makin tua dan berbadan besar, ia menjadi kurang aktif bergerak. Bahkan cenderung melakukan aktifitas di malam hari.

Di alam bebas makanan utamanya adalah, ikan ikan yang lebih kecil (bahkan mampu menerkam ikan yang hanya sepertiga lebih kecil dari badannya), kepiting, udang dan krustasea lainnya. Terkadang didapati ikan ini melahap juga buah-buahan hutan yang terjatuh dari pohon. Jika anda telah memeliharanya di aquarium, maka akan lebih bervariasi lagi jenis makanan yang dapat diberikan kepada ikan ini. Udang, pelet ikan, fillet ikan, cacing tanah, cacing darah (biasanya diberikan untuk anakan ikan), bahkan hingga buah-buahan yang lembut.

Ikan hidup juga dapat diberikan. Namun sebagian orang berpendapat apa bila kondisi ikan yang diumpankan tidak bersih, ia dapat menjadi pembawa parasit. Misalnya cacing pita.

Ikan yang dapat bertahan hidup hingga 20 tahun ini, terkenal dengan kejinakannya. Anda dapat melatihnya untuk mengambil makanan langsung dari tangan anda. Seiring dengan pertumbuhan ikan, hal ini makin mudah dilakukan.

Redtail Catfish adalah ikan tropis, yang artinya ia tidak menyukai kondisi suhu yang ekstrim. Ia menyenangi temperatur 20 hingga 26 derajat Celsius (68 -79 derajat Fahrenheit). Maka jika anda tinggal pada daerah yang tidak berada dalam kisaran temperatur di atas, anda membutuhkan heater atau pemananas.Hindari perubahan suhu yang terlalu fluktuatif, karena kondisi ini akan membuat ikan stres. Kemudian jaga agar keasaman air berada di antara pH 6.0 dan 7.5. Dan kesadahan tidak melampaui 10 dGH.

Alligator Gar
Gar buaya ditemukan di Bawah Sungai Mississippi Valley dan Gulf Coast negara bagian Amerika Serikat dan Meksiko Southeastern sejauh selatan sebagai Veracruz, meliputi negara bagian AS sebagai berikut: Texas , Oklahoma , South Carolina , Louisiana , Mississippi , Alabama , Tennessee , Arkansas , Missouri , Florida , dan Georgia . Mereka juga telah dikenal historis untuk datang sejauh utara sebagai pusat Kansas, Nebraska, Kentucky, Ohio, Iowa, dan barat-tengah Illinois , di mana hasil tangkapan paling utara diverifikasi berada di Meredosia, Illinois pada tahun 1922 dan 8,5 kaki (2,6 m) spesimen, sekarang diawetkan, tertangkap di dekat Beardstown . spesimen di lokasi lebih jauh ke selatan di Illinois telah diverifikasi baru-baru ini 1976, dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Illinois verifiying total 122 menangkap tanggal tersebut. Mereka mendiami lamban dan backwaters kolam atau sungai besar, bayous, dan danau. Mereka ditemukan di payau atau air asin , dan lebih mudah beradaptasi dengan kedua daripada gars lainnya. Di Louisiana itu adalah umum untuk melihat gar besar mencolok permukaan di rawa-rawa payau.

The Alligator Gar merupakan ikan, relatif pasif soliter yang hidup di badan air segar dan payau di Amerika Serikat bagian tenggara Ini adalah karnivora dan makan dengan mengintai di antara alang-alang dan vegetasi, menyergap mangsa lainnya. Alligator gar sering dicurigai dalam serangan terhadap manusia tetapi tidak ada serangan-serangan ini telah resmi dikonfirmasi sebagai karya spesies ini.

Ikan Belida
Daging ikan belida termasuk enak, sehingga di kalangan masyarakat Sumatera Selatan dagingnya memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Sejak dahulu, daging ikan Belida terkenal untuk bahan makanan khas masyarakat Palembang terutama kerupuk, pempek Palembang dan sebagainya. Bila dilihat penyebar­annya dan populasi ikan Belida yang cukup tinggi, maka hal ini merupakan langkah pemerintah dalam mengantisipasi keberadaannya dari pemanfaatan yang berlebihan melalui penetapan identitas atau maskot fauna daerah.

Bentuk badan ikan belida adalah pipih dan kepala kecil. Bentuk kepala dekat punggung cekung. Bungkuk di bagian tungkuk, sisik kecil-kecil. Rahang sema­kin panjang sesuai dengan meningkatnya umur sampai jauh melampaui batas belakang mata. Sisik pada'penutup insang pertama terdapat 20 - 22 baris. Ber­warna agak kelabu di bagian punggung, dan agak putih keperakan dibagian perut. Pola warna bervariasi sesuai dengan fasenya. Panjang maksimum kurang lebih 875 mm dan berat tubuh dapat mencapai 15 kg. Walaupun ukurannya lebih besar, namun tak urung juga digemari orang sebagai ikan hias akuarium air tawar. Sisi badannya dihias deretan bola hitam yang masing-masing dikelilingi lingkaran putih seperti jendela kapal laut. Kalau sudah dewasa, gambaran tubuh itu hilang dengan sendirinya, diganti dengan sejumlah garis seperti sabuk hitam. Mulut ikan belida luar biasa lebarnya, kalau dibandingkan dengan kecilnyva kepala. Itu berkaitan dengan caranya makan sebagai ikan pemakan daging, yaitu menyikat (menyambar) dan mencaplok mangsa yang berhasil diburu dan dipojokkan.

Hidup di air tawar terutama di daerah banjir (Lebak Lebug) dan sungai. Dapat berkembang pada tempat-tempat kurang dari 30 motor dari permukaan laut. Di Indonesia sebarannya meliputi Pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Di Sumatera Selatan khususnya di daerah Ogan Komering llir, Ogan Komering Ulu, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Kodya Palembang dan sebagian kecil daerah Kabupaten Lahat.

Makanan
Ikan belida bersifat predator (pemangsa), makanannya terdiri dari anak-anak ikan dan udang.
Perkembangbiakan
Berkembangbiak secara alami di perairan umum menjelang air besar (awal musim penghujan), telur diletakan pada tonggak-tonggak yang kuat pada ke­dalaman 1 - 2 meter. Sarang dibuat oleh ikan jantan dari ranting dan daun, ikan tersebut juga menjaga telur dan anak-anaknya.
avatar
Admin
Giant Fish
Giant Fish

Posts : 643
Points : 2446
Reputation : 44
Join date : 2014-04-08
Location : In Indofishclub web

http://www.indofishclub.com

Back to top Go down

default Re: Jenis-jenis Ikan Predator yang biasa dipelihara

Post by velarowana on Tue 15 Apr 2014, 07:57

arapaima gigas bro... itu juga serem kl sudah besar hehehe..

_________________
Regards
Velarowana
avatar
velarowana
Moderator
Moderator

Posts : 148
Points : 1458
Reputation : 4
Join date : 2014-04-10
Age : 35
Location : jakarta barat

http://velarowana.blogspot.com

Back to top Go down

default Re: Jenis-jenis Ikan Predator yang biasa dipelihara

Post by Dimas Raptor on Wed 23 Apr 2014, 21:58

Alligator sm palmas yg paling umum beredar ya
avatar
Dimas Raptor
Moderator
Moderator

Posts : 145
Points : 1481
Reputation : 4
Join date : 2014-04-10
Age : 29
Location : Salatiga

http://www.raptorexopet.blogspot.com

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum