Latest topics
» Ready stock Royal Aiptasia Controler
Today at 13:22 by Adminjava

» 2ND - ANNIVERSARY BIG SALE & CLEARANCE OLD STOCK!! Sampai 5 November 2018
Fri 19 Oct 2018, 12:12 by Adminjava

» Sulphur Denitrator
Fri 19 Oct 2018, 07:43 by reyza

» Ready stock caribsea Live sand
Thu 18 Oct 2018, 10:10 by Adminjava

» How to Start Marine Tank - Part 1 : What You Need Before Starting
Wed 17 Oct 2018, 20:18 by Albertcoho

» Lendir di tak 100m x 40mm x 40mm
Wed 17 Oct 2018, 10:06 by Blasto

» Tank belum jadi (Tank belajar..) :D _TOTY IFC-2018
Wed 17 Oct 2018, 08:28 by pitoyop

» (Coba2) membuat ATS utk penurun Nitrat dan Phospat
Wed 17 Oct 2018, 08:01 by pitoyop

» Tanya Jawab dan Konsultasi seputar Lampu/pecahayaan Aquarium
Tue 16 Oct 2018, 23:48 by Albertcoho

» DIY Cone Skimmer
Tue 16 Oct 2018, 16:44 by DanielDMQ

» DIY Injector Protein Skimmer
Tue 16 Oct 2018, 16:43 by DanielDMQ

» TOTY IFC2018 - Tank Anak Tepi Sungai Mahakam
Mon 15 Oct 2018, 16:28 by Denn Rustanto

» Ready stock Spectra aqua knight 30W CREE Nano Aquarium LED w/Mount
Sun 14 Oct 2018, 13:33 by Adminjava

» 2ND - ANNIVERSARY
Thu 11 Oct 2018, 09:35 by Adminjava

» Bagaiman sih Cara Budidaya Ikan Gurame yang efektif ?
Wed 10 Oct 2018, 14:48 by gdmgonature

» Pico tank 35x35x35
Tue 09 Oct 2018, 13:15 by garywilliamw

» hardscape
Tue 09 Oct 2018, 08:49 by pitoyop

» Ready Stock Skimz SM 167 Protein skimmer kapasitas 1.200 Liter
Mon 08 Oct 2018, 12:04 by Adminjava

» Ready Stock Jebao SW 8 Wave Maker
Sun 07 Oct 2018, 12:01 by Adminjava

» skimz sh 01 hang on protein skimmer
Sat 06 Oct 2018, 10:56 by Adminjava

» cara mengatasi coral yg lg stress
Sat 06 Oct 2018, 06:59 by wolfwest

» Tank Qoezoet2 - TOTY-IFC2018 - BOGOR
Tue 02 Oct 2018, 22:52 by rhieyant

» Tank Qoezoet - TOTY-IFC2018 - BOGOR
Tue 02 Oct 2018, 17:34 by rhieyant

» Jebao RW - 20 wavemaker
Mon 01 Oct 2018, 09:39 by Adminjava

» Onde mande tank, TOTY-IFC2018
Sun 30 Sep 2018, 18:05 by Denny Padank

» Recovery Tank from Newbe - TOTY 2018 Jaksel
Sun 30 Sep 2018, 15:31 by Kurniawantd

» Ready stock Jebao wavemaker sw4, sw8, sw15, Rw20
Sun 30 Sep 2018, 10:07 by Adminjava

» TOTY IFC 2018 - Ciamis
Sat 29 Sep 2018, 23:56 by Dianto Febiana

» DuplaEzze Calanus Powder Finmarchicus
Sat 29 Sep 2018, 09:17 by Adminjava

» TOTY-IFC2018 - EPv1
Fri 28 Sep 2018, 22:21 by eddy putra

Top posters
Anaknemo (771)
 
Admin (635)
 
Batavia_Aquatic (576)
 
indra nyimak (353)
 
erms (302)
 
rheinhard (296)
 
syedjilani (276)
 
Giest (273)
 
rully chank (183)
 
Barista7105 (183)
 

Strike! Botana fun fishing!

 :: Lain-Lain

Go down

default Strike! Botana fun fishing!

Post by Cien on Wed 20 Aug 2014, 21:34

Kelamaan cuti mancing membuat saya lupa kapan terakhir turun mancing di laut, kesibukan dan kondisi alam yang agak ekstrim bulan-bulan lalu memaksa saya melupakan dulu hasrat memancing. Dan kini ketika semuanya itu telah berlalu, perasaan kangen mancing baronang tiba-tiba timbul. Maka, kemarin perabot yang sudah sekian lama tersimpan di gudang mulai dikeluarkan lagi, saya persiapkan segala pernak pernik piranti buat mancing baronang.

Maka, begitulah awalnya, pagi ini bersama anak saya Dennis, saya sudah berada di Bojonegara di Cilegon, suatu daerah pesisir yang sedang berubah wujud menjadi kawasan industri di propinsi Banten. Cuaca amat cerah, udara begitu bersih dan segar, dengan menyisakan sedikit kabut tipis di atas permukaan laut. Angin bertiup semilir dingin mengelus wajah. Permukaan laut juga boleh dibilang nyaris rata seperti danau, tanpa gulungan ombak berarti. Perasaan nyaman sekali melihat panorama pantai berpasir putih dengan gugusan pulau di seberang sana. Menempuh perjalanan satu jam tiga puluh menit dari Jakarta sudah bisa mendapatkan suasana begini, tentu suatu berkat di pagi ini. Mudah-mudahan perolehan mancing pun memuaskan.

Lokasi mancing adalah di sebuah keramba apung. Keramba untuk pembesaran ikan kerapu dan bandeng. Dengan tidak sabar, seolah sudah sepuluh tahun tidak mancing, saya langsung memanjangkan joran Green Mate, memasang kenur pelampung pancing garong dan tentu umpan. Oya, saat mendaratkan kaki di keramba, ternyata sudah ada tiga orang pemancing baronang dari Jakarta yang sudah hadir lebih dulu. Kami berkenalan dan sedikit berbincang. Mereka sudah menginap di keramba sejak semalam, namun rupanya semalam cuaca buruk dan hujan lebat di sini. Hingga pagi ini belum seekor ikan pun berhasil dinaikkan.

Mengambil posisi yang agak jauh dari teman sejawat tadi, saya mulai berkonsentrasi mancing. Begitu umpan turun langsung pelampung bergetar tanda umpan sedang dimakan ikan. Namun nihil hasilnya waktu joran disentak. Kejadian ini berulang terus, umpan lumut habis tapi ikan tak pernah naik. Dan, setelah sekian kali mengganti umpan, akhirnya terjadi strike, sayang yang naik adalah ikan baronang ukuran anak. Pantas saja umpan habis terus, rupanya dikeroyok kawanan anak baronang. Gawat juga kalau umpan habis terus seperti ini, akhirnya saya bergabung dengan kawan dari Jakarta tadi.

Kelihatannya dia juga mulai kesal karena umpan lumutnya habis terus digerogoti anak baronang. Namun dia mengisahkan tadi pagi sekali sempat strike tapi kenurnya putus tak kuat menahan tarikan ikan di bawah sana, padahal kenurnya berdiameter 0.28mm. Saya tertegun mendengarnya. Jarang sekali baronang memutuskan kenur sebesar itu. Saya mempunyai prasangka, tapi tak mengutarakannya. Kira-kira saya tahu ikan apa yang bisa memutus kenur sebesar itu. Langsung saya mengganti kenur dengan kenur 0.30mm, dan memasang umpan nasi lumat. Dan saya permisi untuk mancing di sebelahnya.

Benar saja, tak perlu menunggu lama, umpan terasa dimakan ikan sehingga pelampung kelihatan menggigil hebat. Joran tegek langsung disentak. Tapi sekejap kemudian tertahan gerakannya. Sebaliknya ujung joran langsung menghujam ke bawah permukaan air. Kuat sekali tarikan ikan, langsung melesat ke kolong keramba, benar-benar sulit ditahan. Joran terasa amat berat. Bukan hanya pelampung tetapi ujung joran sudah masuk ke dalam air karena saya tak kuasa menahan tarikan ikan, luar biasa pasti ikannya kelas babon ini! Tanpa sempat mengendalikan manuver ikan yang beringas itu, akhirnya saya merelakannya buron karena kenur putus akibat tergesek material keramba yang banyak ditumbuhi teritip/kerang tajam. Tidak tanggung-tanggung, pelampung pun dibawa serta.

“Nah…apa saya bilang, putus deh!” ujar kawan pemancing di sebelah. Strike yang hanya sekian detik itu membuat jantung berdegup cepat, sungguh memompa adrenalin. Gila banget! Tidak salah lagi, ini pasti kerjaan jalu alias ikan botana. Mungkin juga ikan kakatua babon. Berdasarkan pengalaman, memang jenis ikan itulah yang kelakuannya seperti itu. Bergegas saya mengganti dengan kenur baru dan memasang umpan lagi dengan jemari sedikit gemetar.

Begitu umpan tenggelam dan kenur menegang, naluri ini mengatakan umpan sedang dimakan ikan. Terasa keras tekanan ikan yang sedang memagut umpan. Kembali joran disentak, cepp! Hook up! Ikan yang kaget karena ada pancing garong menyergap mulutnya dengan telak, berusaha melarikan diri, namun saya sudah siap. Kali ini tanpa ampun saya terus menegakkan joran, memaksa ikan mendongak supaya mudah menyerah dan sulit blusukan ke kolong keramba lagi. Benar saja, akhirnya kelihatan bayang-bayang putih kekuningan sosok ikan melayang di bawah permukaan air. Begitu berhasil diangkat, terbukti sudah. Ikan botana super yang mengganas di bawah sana!

Dan itu bukan yang terakhir, selanjutnya ikan botana mendominasi perolehan mancing hari ini, ada juga ikan ketang-ketang dan kakatua. Perolehan ikan baronang yang masih ukuran abg dirilis lagi ke laut. Kendati hari ini tidak berhasil membawa pulang ikan baronang, namun merasakan dahsyatnya tarikan ikan botana super cukup untuk melepaskan dahaga strike akibat kelamaan tidak turun mancing. Saya katakan kepada kawan pemancing di sebelah ini, beberapa bulan lagi saya akan kembali ke sini sambil berharap anak-anak baronang di sini sudah menjadi baronang dewasa. Tapi, di dalam hati ini sejujurnya saya tidak yakin, apa saya sanggup menunggu sekian bulan untuk mancing lagi di sini? Ah….jangan-jangan minggu depan pun saya sudah di sini lagi….  Salam strike! (Cien)


[You must be registered and logged in to see this image.]

Ikan botana super penghuni kolong keramba apung

[You must be registered and logged in to see this image.]

Dennis dengan hasil pancingan hari ini yang didominasi ikan botana ukuran super.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Hasil panen botana harus diangkat oleh dua orang!
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Strike! Botana fun fishing!

Post by nathael on Thu 21 Aug 2014, 01:26

Kasih umpan apa itu pak botananya?
avatar
nathael
Small Fish
Small Fish

Posts : 32
Points : 1684
Reputation : 0
Join date : 2014-04-14

Back to top Go down

default Re: Strike! Botana fun fishing!

Post by Cien on Thu 21 Aug 2014, 12:07

nathael wrote:Kasih umpan apa itu pak botananya?

umpannya murah alias ngirit banget, nasi warteg ajah diuleg2. Kalo mau yang gratisan juga ada, cari lumut yang tumbuh di bebatuan pantai.
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Strike! Botana fun fishing!

Post by Flame angel on Mon 25 Aug 2014, 20:33

seru ya jadi pengen mancing lg lol!

Flame angel
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 19
Points : 1604
Reputation : 0
Join date : 2014-06-17

Back to top Go down

default Re: Strike! Botana fun fishing!

Post by Cien on Tue 26 Aug 2014, 20:49

Flame angel wrote:seru ya jadi pengen mancing lg lol!

Mancing memang seru dan mengasyikkan, mulai dari persiapan di rumah aja udah terasa asyiknya, apalagi kalo sudah di lokasi mancing.... Very Happy
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Strike! Botana fun fishing!

Post by Pacificsea on Wed 27 Aug 2014, 11:58

mantap dilanjut lagi pak cien, yg ditengah laut ga ada y

Pacificsea
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 11
Points : 1583
Reputation : 0
Join date : 2014-07-01

Back to top Go down

default Re: Strike! Botana fun fishing!

Post by Cien on Wed 27 Aug 2014, 19:29

Pacificsea wrote:mantap dilanjut lagi pak cien, yg ditengah laut ga ada y

Lg musim angin timur bro, lautnya gonjang ganjing ntar hoeek di laut deh pale
Mancing di pinggir/pantai juga asyik dan menantang asal tau lokasinya dan ikan apa yang jadi target, jadi gak asal2an lempar pancing nti nyangkut melulu di karang. Salam mancing!
avatar
Cien
Sponsor
Sponsor

Posts : 41
Points : 1738
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

Back to top

- Similar topics

 :: Lain-Lain

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum