Translator for this Forum
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
<Widget by DAW-XP
Latest topics
» CONTACT US
Wed 13 Dec 2017, 12:53 by Elona

» Promo Akhir Tahun 2017
Sun 10 Dec 2017, 12:37 by Orca88k

» Coral baru tiba
Sat 09 Dec 2017, 17:45 by Orca88k

» Nama lokal dari bermacam belut moray air payau?
Thu 07 Dec 2017, 10:59 by Mono

» belut moray air tawar & air payau
Wed 06 Dec 2017, 13:33 by john_lord_b3

» pure powder estradiol
Wed 06 Dec 2017, 12:41 by nofty

» Proses Aklimasi Pada Calon Penghuni Baru
Sun 03 Dec 2017, 19:21 by Zoro

» Cara handle ikan yg baru datang dari pengiriman.
Wed 29 Nov 2017, 07:06 by Boim

» Ikan Hias di Orca Aquamarine
Tue 28 Nov 2017, 22:17 by Orca88k

» Livestock, Coral di Toko Orca Aquamarine
Sun 26 Nov 2017, 18:16 by Orca88k

» WTB.branded led second
Sat 25 Nov 2017, 14:16 by bimbim

» Jual Lampu LED
Fri 24 Nov 2017, 16:21 by Reza andhika

» About Orca Aquamarine
Fri 24 Nov 2017, 10:27 by Orca88k

» Penjelasan PROMO DI TOPED
Thu 23 Nov 2017, 13:15 by Orca88k

» PROMO
Wed 22 Nov 2017, 10:56 by Orca88k

Top posting users this week
Elona
 

Top posting users this month
john_lord_b3
 
Orca88k
 
Zoro
 
nofty
 
Elona
 
Mono
 
Livesand
 

INDOFISHCLUB OFFICIAL VIDEO
INDOFISHCLUB 1 YEARS ANNIVERSARY

INDOFISHCLUB EXHIBITION


INDOFISHCLUB 3 YEARS ANNIVERSARY

Cycling untuk tank pemula

Page 2 of 2 Previous  1, 2

View previous topic View next topic Go down

default Cycling untuk tank pemula

Post by zhaoyun on Thu 12 Jun 2014, 00:27

First topic message reminder :

cycling mempunyai tujuan bersihkan air laut dari kotoran serta zat kimia beresiko serta juga untuk menumbuhkan kehidupan layaknya plankton, copepod serta bakteri yg diperlukan untuk ekosistem air laut. janganlah memasukkan mahluk hidup apapun sepanjang sistem cycling. untuk mempercepat sistem perkembangan bakteri, ada juga yang memberikan bakteri hidup ( mis. bactopur ) ke didalam sump di bagian bioball, di mana bioball itu sebenarnya adalah area berkumpulnya bakteri pengurai.

Cycling dikerjakan dgn langkah menggerakkan aliran air dari aqua utama ke sump dibarengi dgn menggerakkan perlatan yang lain layaknya calcium reactor serta denitrator serta bila menurut teori cycling mesti dikerjakan terus-terusan sepanjang lebih kurang 1 bln. lamanya, namun pada prakteknya ada yg menggerakkan cycling cuma 2 minggu atau apalagi 1 minggu.
tujuan menggerakkan sistem cycling itu juga sebenarnya untuk menghidupkan lingkaran sistem penguraian amoniak, nitrit serta nitrat oleh bakteri pengurai.

Lingkaran prosesnya yaitu : amoniak itu umumnya dihasilkan oleh kotoran atau sisa2 makanan yg membusuk yg diurai oleh bakteri hingga membuahkan amoniak, lantas amoniak ini juga diurai oleh bakteri hingga membuahkan nitrit, lantas nitrit itu juga diurai lagi oleh bakteri pengurai nitrit hingga membuahkan nitrat yg beresiko bikin kehidupan di aqua.
avatar
zhaoyun
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 24
Points : 1309
Reputation : 0
Join date : 2014-06-12

Back to top Go down


default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by Giest on Wed 30 Sep 2015, 10:18

JANGKRIKZZZ wrote:
Ya ni om gara2 liburan kmrn k bdg lewat tegalega ,, liat nemo g nahan pengen belii akhir nya kebeli deh om heheheh... nah om klo ilangin warna coklat d pasir gmn om ? 
Mudah2an awet om , klo liat sih ikan nya aman dan mudah2an ttp aman  .....

Alga coklat nanti juga hilang sendiri, kasih makan ikan nya diatur saja jangan terlalu banyak biar system nya siap dulu.

Giest
Moderator
Moderator

Posts : 308
Points : 1558
Reputation : 21
Join date : 2014-08-14

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by JANGKRIKZZZ on Wed 30 Sep 2015, 10:23

Giest wrote:
JANGKRIKZZZ wrote:
Ya ni om gara2 liburan kmrn k bdg lewat tegalega ,, liat nemo g nahan pengen belii akhir nya kebeli deh om heheheh... nah om klo ilangin warna coklat d pasir gmn om ? 
Mudah2an awet om , klo liat sih ikan nya aman dan mudah2an ttp aman  .....

Alga coklat nanti juga hilang sendiri, kasih makan ikan nya diatur saja jangan terlalu banyak biar system nya siap dulu.
ok sip om makasih ... tp rencana mo beli rumput merah nih om kata nya buat ngurangin phospat .. bsa d taro g om

JANGKRIKZZZ
Small Fish
Small Fish

Posts : 27
Points : 875
Reputation : 0
Join date : 2015-08-20

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by Pacificsea on Wed 30 Sep 2015, 10:54

JANGKRIKZZZ wrote:
Giest wrote:
JANGKRIKZZZ wrote:
Ya ni om gara2 liburan kmrn k bdg lewat tegalega ,, liat nemo g nahan pengen belii akhir nya kebeli deh om heheheh... nah om klo ilangin warna coklat d pasir gmn om ? 
Mudah2an awet om , klo liat sih ikan nya aman dan mudah2an ttp aman  .....

Alga coklat nanti juga hilang sendiri, kasih makan ikan nya diatur saja jangan terlalu banyak biar system nya siap dulu.
ok sip om makasih ... tp rencana mo beli rumput merah nih om kata nya buat ngurangin phospat .. bsa d taro g om
Awas om rumput merah gampang rontok

Pacificsea
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 12
Points : 1276
Reputation : 0
Join date : 2014-07-01

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by Giest on Wed 30 Sep 2015, 11:03

JANGKRIKZZZ wrote:
Giest wrote:
JANGKRIKZZZ wrote:
Ya ni om gara2 liburan kmrn k bdg lewat tegalega ,, liat nemo g nahan pengen belii akhir nya kebeli deh om heheheh... nah om klo ilangin warna coklat d pasir gmn om ? 
Mudah2an awet om , klo liat sih ikan nya aman dan mudah2an ttp aman  .....

Alga coklat nanti juga hilang sendiri, kasih makan ikan nya diatur saja jangan terlalu banyak biar system nya siap dulu.
ok sip om makasih ... tp rencana mo beli rumput merah nih om kata nya buat ngurangin phospat .. bsa d taro g om

om sudah buat thread di member tank marine? kalau belum dibuat saja disana posting poto, ukuran dan peralatan apa saja yang sudah ada dan terpasang.

nanti kita diskusikan lebih lanjut disana supaya tidak mengganggu thread yg ini Smile

Giest
Moderator
Moderator

Posts : 308
Points : 1558
Reputation : 21
Join date : 2014-08-14

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by JANGKRIKZZZ on Wed 30 Sep 2015, 11:10

Pacificsea wrote:
JANGKRIKZZZ wrote:
Giest wrote:
JANGKRIKZZZ wrote:
Ya ni om gara2 liburan kmrn k bdg lewat tegalega ,, liat nemo g nahan pengen belii akhir nya kebeli deh om heheheh... nah om klo ilangin warna coklat d pasir gmn om ? 
Mudah2an awet om , klo liat sih ikan nya aman dan mudah2an ttp aman  .....

Alga coklat nanti juga hilang sendiri, kasih makan ikan nya diatur saja jangan terlalu banyak biar system nya siap dulu.
ok sip om makasih ... tp rencana mo beli rumput merah nih om kata nya buat ngurangin phospat .. bsa d taro g om
Awas om rumput merah gampang rontok
trus jadi nya apa nih om yg enak .... heheheh mo masukin trumbu apa yg enak om yg murah meriah dan gampang perawatan nya

JANGKRIKZZZ
Small Fish
Small Fish

Posts : 27
Points : 875
Reputation : 0
Join date : 2015-08-20

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by arfmlyn on Sat 27 Feb 2016, 06:43

Mohon masukannya barangkali di forum ini ada yg bisa ngasih masukkan, saya sudah proses cycling nih udh mau nginjak minggu ke4. Belum ada satupun biota yg masuk hanya turbo snailnya dan hermit crab yg masuk. Buat ngebantu ngebersihin brown algae. 
Yg mau saya tanyakan. Apakah dengan melakukan rescape LR akan mengganggu jalannya cyling? Karena yg saya tau dengan kita mengobok2 atau melakukan rescape parameter gakkan pernah stabil. Apa benar begtu? Klo emg bener solusinya buat saya apa? Apa lanjut cylingnya?  Apa cycling mulai dari nol?
Tujuan rescape LR, karena bagian LR ada beberapa yg terlalu rapat ke bagian kaca depan untuk memudahkan saja bila nanti membersihkan kaca ga kehalang sama bagian lr yg terlalu rapat, hanya menggeser ke bagian belakang tentunya dengan membongkar bagian yg lain. mohon masukannya para suhu.. Ohiya satu lagi, Bagian kaca yg penuh dengan brown algae apa boleh lgsg di bersihin aja dengan alatnya? Apa bakal ilang sendiri? Makasih... 
avatar
arfmlyn
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 77
Points : 801
Reputation : 4
Join date : 2016-01-03
Age : 23
Location : bandung

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by Marinepro on Sat 27 Feb 2016, 10:10

arfmlyn wrote:Mohon masukannya barangkali di forum ini ada yg bisa ngasih masukkan, saya sudah proses cycling nih udh mau nginjak minggu ke4. Belum ada satupun biota yg masuk hanya turbo snailnya dan hermit crab yg masuk. Buat ngebantu ngebersihin brown algae. 
Yg mau saya tanyakan. Apakah dengan melakukan rescape LR akan mengganggu jalannya cyling? Karena yg saya tau dengan kita mengobok2 atau melakukan rescape parameter gakkan pernah stabil. Apa benar begtu? Klo emg bener solusinya buat saya apa? Apa lanjut cylingnya?  Apa cycling mulai dari nol?
Tujuan rescape LR, karena bagian LR ada beberapa yg terlalu rapat ke bagian kaca depan untuk memudahkan saja bila nanti membersihkan kaca ga kehalang sama bagian lr yg terlalu rapat, hanya menggeser ke bagian belakang tentunya dengan membongkar bagian yg lain. mohon masukannya para suhu.. Ohiya satu lagi, Bagian kaca yg penuh dengan brown algae apa boleh lgsg di bersihin aja dengan alatnya? Apa bakal ilang sendiri? Makasih... 
Ga perlu cycling dr nol om...pelan2 aja rescapenya
Dibersihkan aja pelan2 ga masalah

Marinepro
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 22
Points : 1054
Reputation : 0
Join date : 2015-02-17

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by arfmlyn on Sat 27 Feb 2016, 16:35

Marinepro wrote:
arfmlyn wrote:Mohon masukannya barangkali di forum ini ada yg bisa ngasih masukkan, saya sudah proses cycling nih udh mau nginjak minggu ke4. Belum ada satupun biota yg masuk hanya turbo snailnya dan hermit crab yg masuk. Buat ngebantu ngebersihin brown algae. 
Yg mau saya tanyakan. Apakah dengan melakukan rescape LR akan mengganggu jalannya cyling? Karena yg saya tau dengan kita mengobok2 atau melakukan rescape parameter gakkan pernah stabil. Apa benar begtu? Klo emg bener solusinya buat saya apa? Apa lanjut cylingnya?  Apa cycling mulai dari nol?
Tujuan rescape LR, karena bagian LR ada beberapa yg terlalu rapat ke bagian kaca depan untuk memudahkan saja bila nanti membersihkan kaca ga kehalang sama bagian lr yg terlalu rapat, hanya menggeser ke bagian belakang tentunya dengan membongkar bagian yg lain. mohon masukannya para suhu.. Ohiya satu lagi, Bagian kaca yg penuh dengan brown algae apa boleh lgsg di bersihin aja dengan alatnya? Apa bakal ilang sendiri? Makasih... 
Ga perlu cycling dr nol om...pelan2 aja rescapenya
Dibersihkan aja pelan2 ga masalah
okeee makasihh....
avatar
arfmlyn
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 77
Points : 801
Reputation : 4
Join date : 2016-01-03
Age : 23
Location : bandung

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by Daniidan on Sat 14 May 2016, 15:55

salamet sore para sahabat Very Happy
Laparrr bisa ditahan, Haus bisa ditahan, rindu sama cewek bisa di tahan. Tapi kalau Tank masih kosong ITU yang ga bisa di tahan.
Saya mah mau nanya dan mohon pencerahan nya
ai waktu cycling boleh satu minggu?
kalau boleh sok atuh dikasih apa supaya bisa satu minggu?
secara, udah ga sabar Crying or Very sad

Daniidan
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 16
Points : 1266
Reputation : 0
Join date : 2014-07-16
Age : 36
Location : Buah Batu Bandung

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by arfmlyn on Sat 14 May 2016, 23:58

Daniidan wrote:salamet sore para sahabat Very Happy
Laparrr bisa ditahan, Haus bisa ditahan, rindu sama cewek bisa di tahan. Tapi kalau Tank masih kosong ITU yang ga bisa di tahan.
Saya mah mau nanya dan mohon pencerahan nya
ai waktu cycling boleh satu minggu?
kalau boleh sok atuh dikasih apa supaya bisa satu minggu?
secara, udah ga sabar Crying or Very sad

Wih ti bandung oge ning.....
Boleh boleh wae kang teu aya nu ngalarang bade sadinteun lgsg gebrus ge biota lgsg pinuh ge, tp nu atos atos ge aot peace kang lol! Laughing Evil or Very Mad
avatar
arfmlyn
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 77
Points : 801
Reputation : 4
Join date : 2016-01-03
Age : 23
Location : bandung

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by Mhd.Rahmad on Tue 17 May 2016, 15:18

selamat sore para senior
saya masih mau mulai aquarium laut nih,,
saya mau tanya,kalau aquarium yang tempat keluar air menuju filter dengan arus air mengalir dari bawah itu bisa melihara coral gak ya??
soalnya ada yang bilang gak bisa dan ada yang bilang bisa
itu bikin saya jadi bingung
butuh bantuan para senior nih Crying or Very sad

Mhd.Rahmad
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 2
Points : 585
Reputation : 0
Join date : 2016-05-11

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by arfmlyn on Tue 17 May 2016, 20:09

Mhd.Rahmad wrote:selamat sore para senior
saya masih mau mulai aquarium laut nih,,
saya mau tanya,kalau aquarium yang tempat keluar air menuju filter dengan arus air mengalir dari bawah itu bisa melihara coral gak ya??
soalnya ada yang bilang gak bisa dan ada yang bilang bisa
itu bikin saya jadi bingung
butuh bantuan para senior nih Crying or Very sad

Tempat keluar air menuju filter? Overflow box? Atau yg om maksud sump?
Alasannya mmau peliihara di situ knp om? Knp ga di maintank aja haha
avatar
arfmlyn
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 77
Points : 801
Reputation : 4
Join date : 2016-01-03
Age : 23
Location : bandung

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by gabusbego on Fri 03 Jun 2016, 15:03

Salam Nyubi para senior,,

setelah baca proses cycling ane jd meriang nih, jalanin cycling cuma 4 hari, itu pun pake filter gantung dan skimmer gantung doank (tanpa sump),, hadeehh,, sejauh ini udah diisi:
1. Nemo 2 biji
2. Capungan 2 biji
3. Ikan galau 2 biji (galau milih warna, separo kuning separo biru)  Laughing
4. Ikan Kuping Gajah
5. Kepe Monyong Zebra
6. Balong
7. Bintang Laut
8. Anemon piring
9. Onde2 3 ekor
Pakan yang diberikan rebon beku 1x sehari, sejauh ini sudah berjalan 2 minggu

sejauh ini hanya onde2 yg sudah kembali ketangan Tuhan.

Mohon saran dan petunjuk para senior, harus gimana kl proses cycling nya begini??

Terimakasih

Wassalam,,

gabusbego
Small Fish
Small Fish

Posts : 25
Points : 595
Reputation : 0
Join date : 2016-05-30
Location : Depok

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by arfmlyn on Sat 04 Jun 2016, 08:55

gabusbego wrote:Salam Nyubi para senior,,

setelah baca proses cycling ane jd meriang nih, jalanin cycling cuma 4 hari, itu pun pake filter gantung dan skimmer gantung doank (tanpa sump),, hadeehh,, sejauh ini udah diisi:
1. Nemo 2 biji
2. Capungan 2 biji
3. Ikan galau 2 biji (galau milih warna, separo kuning separo biru)  Laughing
4. Ikan Kuping Gajah
5. Kepe Monyong Zebra
6. Balong
7. Bintang Laut
8. Anemon piring
9. Onde2 3 ekor
Pakan yang diberikan rebon beku 1x sehari, sejauh ini sudah berjalan 2 minggu

sejauh ini hanya onde2 yg sudah kembali ketangan Tuhan.

Mohon saran dan petunjuk para senior, harus gimana kl proses cycling nya begini??

Terimakasih

Wassalam,,
Sambil berjalan aja om klo gada tank karantina, asal jgn nambah dlu biota. Pantau aja terus hhe gmna kondisi nya skrg? Semoga tetep awet ya semua biotanya...
avatar
arfmlyn
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 77
Points : 801
Reputation : 4
Join date : 2016-01-03
Age : 23
Location : bandung

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by gabusbego on Mon 06 Jun 2016, 10:54

arfmlyn wrote:
gabusbego wrote:Salam Nyubi para senior,,

setelah baca proses cycling ane jd meriang nih, jalanin cycling cuma 4 hari, itu pun pake filter gantung dan skimmer gantung doank (tanpa sump),, hadeehh,, sejauh ini udah diisi:
1. Nemo 2 biji
2. Capungan 2 biji
3. Ikan galau 2 biji (galau milih warna, separo kuning separo biru)  Laughing
4. Ikan Kuping Gajah
5. Kepe Monyong Zebra
6. Balong
7. Bintang Laut
8. Anemon piring
9. Onde2 3 ekor
Pakan yang diberikan rebon beku 1x sehari, sejauh ini sudah berjalan 2 minggu

sejauh ini hanya onde2 yg sudah kembali ketangan Tuhan.

Mohon saran dan petunjuk para senior, harus gimana kl proses cycling nya begini??

Terimakasih

Wassalam,,
Sambil berjalan aja om klo gada tank karantina, asal jgn nambah dlu biota. Pantau aja terus hhe gmna kondisi nya skrg? Semoga tetep awet ya semua biotanya...
alhamdulillah om,, sukses,, whitespot semua ikan saya,, hahahhaa
mau setup ulang lagi aja sayaahh

salam
gabusbego

gabusbego
Small Fish
Small Fish

Posts : 25
Points : 595
Reputation : 0
Join date : 2016-05-30
Location : Depok

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by wa1scoof on Sun 04 Dec 2016, 21:40

halo om.. mau tanya jika pada hari ke 4 cycling muncul lumut di kaca masi bewarna putih apakah normal ?

wa1scoof
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 7
Points : 385
Reputation : 0
Join date : 2016-12-04

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by arfmlyn on Thu 08 Dec 2016, 01:36

Normal om, lanjutkan saja sambil pantau perkembangan nya ya...
avatar
arfmlyn
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 77
Points : 801
Reputation : 4
Join date : 2016-01-03
Age : 23
Location : bandung

Back to top Go down

default Re: Cycling untuk tank pemula

Post by wa1scoof on Sun 11 Dec 2016, 00:20

Om mau tanya... cycling saya saat ini sudah berjalan 10 hari. dr hari 7 hingga ke 9,  perlahan2 karang jahe yang ada di sump saya angkat pelan2, karena berdasarkan byk forum yg saya baca, karang jahe rentan menjadi pabrik nya phospate..

dan di hari ke 10 saya mulai mengganti  karang jahe dengan Seachem matrix. sementara saya beli 4 bungkus eceran. tp seperti nya kurang..
tp matrix ini ada yang mengapung dan ada yang tenggelam,, apakah memang begitu ?

berhubung lokasi saya di Pekanbaru, tidak ada yg jual tumbuhan2 yang biasa ditaroh di sump...

rencana paling saya mau kasi LR saja di sump..

rencana akan pke coil denitrator DIY..

saat ini peralatan masi mengandalkan skimmer bubble magus c5.5

Mohon saran buat isian Sump saya,,
berikut penampakan sump nya,,

[You must be registered and logged in to see this link.]

sejak cycling di hari ke 5 hingga saat ini hari ke 10, byk muncul hewan kecil yang rame di atas pasir dan paling byk keliatan mereka berjalan di kaca. bewarna putih seperti semut. semakin hari seperti nya semakin byk. terkadang klo malam agak rame ter ombang ambing di main tank. apakah ini yg dinamakan copepod ? apa peran mereka dalam kehidupan di akuarium laut ?
saya pernah baca, klo semasa cycling sudah muncul copepod, artinya air siap di huni. apakah sepenuh nya benar seperti itu ?
soalnya baru 5 hari hewan2 kecil ini sudah rame jalan2 di kaca..
tp sampe saat ini saya masi sabar cycling di hari 10.. semoga sabar nya awet hingga 1 bulan.

berikut penampakan mahluk2 kecil yang rame nempel dan berjalan2 di kaca.. gak begitu jelas.. tapi yg bintik2 kecil itu mereka, berjalan2 di kaca seperti semut.
[You must be registered and logged in to see this link.]

wa1scoof
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 7
Points : 385
Reputation : 0
Join date : 2016-12-04

Back to top Go down

Page 2 of 2 Previous  1, 2

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum