IFC EVENT 2017

MEDIA SOCIAL
Translator for this Forum
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
<Widget by DAW-XP
Latest topics
» Saran buat sump
Yesterday at 17:26 by Robbyrg7

» Akuarium 120x50x50 minta saran Senior...udah mulai nyerah
Sun 25 Jun 2017, 02:53 by handy77

» Jual Lampu Aquarium High Power LED
Mon 19 Jun 2017, 14:37 by fikri prima

» LINK LIST ABJAD A-Z member tank INDOFISHCLUB
Sat 17 Jun 2017, 14:59 by colagecko

» natural sistem tank
Sat 17 Jun 2017, 14:55 by colagecko

»  TANK NANO NGAPAK 60X60X50
Fri 16 Jun 2017, 14:31 by colagecko

» -- KEPE / BUTTERFLYFISH --
Fri 16 Jun 2017, 10:48 by wolfwest08

» jual skimmer star reef aj400(second)
Thu 15 Jun 2017, 20:43 by chandra_derossie

» Jual Donat Merah
Thu 15 Jun 2017, 01:03 by Mumu

» Tanya Jawab dan Konsultasi seputar Lampu/pecahayaan Aquarium
Wed 14 Jun 2017, 11:46 by Gladiator

» Cara ampul ngilangin ws di akuarium
Wed 14 Jun 2017, 11:45 by Gladiator

» Cabang baru MUTIARA AQUAMARINE
Wed 14 Jun 2017, 11:13 by mutiara_aquamarine

» Jual pensi PS skimmer RD1000 tabung & RD700 cone Aquaristik
Wed 14 Jun 2017, 05:27 by gusparda

» Jual Ikan dan Peralatan bekas Tank Bluedragon
Tue 13 Jun 2017, 13:52 by colagecko

» For Sale Equipment
Tue 13 Jun 2017, 13:48 by colagecko

Top posting users this week
Robbyrg7
 

INDOFISHCLUB OFFICIAL VIDEO
INDOFISHCLUB 1 YEARS ANNIVERSARY

INDOFISHCLUB EXHIBITION


INDOFISHCLUB 3 YEARS ANNIVERSARY

Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut

View previous topic View next topic Go down

default Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut

Post by Admin on Thu 10 Apr 2014, 20:04

Apa yang Anda butuhkan?
 
protein skimmer
Sebuah skimmer protein merupakan salah satu bagian dari peralatan yang Anda mungkin tidak akrab dengan. Ini adalah tambahan berupa filtrasi mekanis yang menghilangkan protein dan limbah dari air garam. Hal ini dilakukan dengan menciptakan banyak gelembung kecil di dalam yang menjadi dilapisi dengan protein, dan kemudian meluap ke dalam cangkir koleksi. Cangkir koleksi dapat dikosongkan dan dibersihkan secara berkala, menghilangkan limbah dari sistem.

Mengapa Anda membutuhkan protein skimmer?
Filter tradisional memecah sampah dengan mengubah amonia menjadi nitrit dan nitrat kemudian. Kami menghapus produk akhir, nitrat, dengan mengubah air. Dalam akuarium Anda tidak ingin ada amonia, nitrit atau nitrat, dan skimmer protein membantu dengan menghapus itu pada sumbernya.

Ikan laut dan invertebrata tidak akan mentolerir polusi di dalam air, dan skimmer protein bertindak mekanis, filter utama. Air skim lebih bersih dan sehat.

Protein skimmer dapat berarti biaya start-up yang lebih tinggi ketika menjaga marinir, tapi manfaatnya didokumentasikan dengan baik dan banyak dari akuarium terbaik dunia laut disaring dengan menggunakan metode ini. Beberapa akuarium laut tidak menggunakan bentuk lain dari filtrasi terpisah dari skimmer protein dan live rock. Metode ini disebut Sistem Berlin, dan informasi lebih lanjut akan tersedia dari ahli kelautan di toko

Powerheads
Sebuah perjalanan ke pantai terdekat, atau menonton sebuah film dokumenter alam laut, akan mengungkapkan bahwa lautan yang terus bergerak, baik itu dari aksi gelombang, arus atau Gulf Stream. Kehidupan laut benar-benar tergantung pada pergerakan air untuk membawa mereka makanan mereka dan membersihkan limbah mereka, dan gerakan yang harus direplikasi di akuarium.

Arus disediakan oleh pompa, filter dan powerheads. Hitung total volume akuarium Anda dan memberikan cukup omset untuk memompa seluruh volume air sepuluh sampai dua puluh kali per jam. Ini akan cukup untuk sebagian besar karang, ikan dan invertebrata. Jika Anda menggunakan filter dan protein skimmer eksternal, aliran dari perangkat ini juga dapat diperhitungkan, sehingga akuarium dari 180 l. / 40 Volume gal, misalnya, harus memiliki omset 1800 lph / 400 GPH atau lebih.

hydrometer
Sebuah peralatan yang penting ketika menjaga marinir. Sebuah hidrometer memberitahu kita bagaimana asin air tangki, dan kita perlu tahu ini karena kehidupan laut membutuhkan tingkat tertentu garam dalam air untuk bertahan hidup.

Kami membuat air garam kita sendiri di rumah dengan mencampur murni, air bersih, air sebaiknya RO, dengan garam laut sintetis. Untuk memberitahu kami bagaimana asin air, kita menggunakan hydrometer. Hal ini biasanya terdiri dari sebuah kotak plastik dengan jarum ayunan di dalam, atau benda mengambang yang terlihat sedikit seperti termometer. Setiap kali Anda menggunakan hydrometer untuk mengukur kadar garam, pastikan Anda membawa air untuk suhu yang benar terlebih dahulu.

penyaringan
Daerah ini ditangani dengan cara yang berbeda untuk filtrasi air tawar. Akuarium karang laut memerlukan kualitas air terbaik sepanjang waktu, dan sebagian besar menggunakan kombinasi filtrasi dan skimming protein untuk mencapai itu.

Sebuah filter eksternal dikemas dengan filtrasi mekanik, biologi dan kimia adalah awal yang baik, dan sangat penting untuk sebagian besar ikan-satunya tank laut di mana ikan adalah fokus dan tidak ada invertebrata ditambahkan, namun sebagian besar akuarium karang modern yang benar-benar disaring terutama oleh hidup batu, dengan powerheads menyediakan makanan dan oksigen untuk bakteri, dan permukaan dalam dan luar kasar batu menyediakan rumah bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang biak.

Ketika banyak batu hidup yang digunakan, media biologis dapat dihapus dari filter dan dapat diganti dengan media kimia penting seperti karbon dan remover fosfat.

chiller
Dengan pencahayaan yang terang dan banyak pompa dan peralatan , tidak pemanasan itu adalah masalah dengan sebagian tank laut , tetapi pendinginan . Temperatur yang tinggi ( lebih dari 27 º C/80 º F ) bisa stres dan bahkan membunuh kehidupan laut tropis , pendingin sehingga buatan merupakan pilihan jangka panjang yang masuk akal .

Sebuah metode pendinginan hemat biaya adalah dengan menggunakan fans. Beberapa penggemar kecil dapat dipasang ke bagian atas tangki untuk meniup udara dingin di permukaan air . Satu bahkan dapat dipasang di kedua sisi tepi tangki - satu untuk meniup udara dingin dan satu untuk menyedot udara panas keluar .

Untuk akuarium yang lebih besar , kamar panas dan tank yang menggunakan pencahayaan yang sangat terang , chiller mungkin satu-satunya pilihan . Pendingin bekerja seperti lemari es, hanya mereka terhubung ke akuarium melalui pipa . Suhu yang diperlukan dapat diatur pada chiller dan akan bekerja tanpa lelah untuk terus suhu itu, ventilasi off banyak panas saat melakukannya .

Sebuah chiller harus dihubungkan ke salah satu powerhead di tangki utama atau filter eksternal di bawahnya.
Mereka tidak murah , tetapi biaya dapat dengan mudah diimbangi ketika melindungi tangki penuh karang dan ikan dari overheating .

penerangan
Mayoritas ikan laut dan invertebrata bahwa kita tetap datang dari hangat , laut dangkal tropis . Untuk sebagian besar hari, terumbu karang yang terkena sinar matahari penuh dan itu jauh lebih terang dari yang kami sediakan untuk sebagian besar setup air tawar . Selain itu, sebagian karang bergantung pada sinar matahari untuk memberi mereka energi mereka saat mereka pelabuhan alga zooxanthellae yang disebut , yang membutuhkan cahaya terang untuk berfotosintesis .

Pencahayaan yang tersedia untuk tank laut dan umumnya cerah dan warna yang berbeda untuk air tawar pencahayaan . Pencahayaan laut cenderung memiliki semburat biru untuk meniru bawah cahaya yang tersedia .

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi siang hari dan actinic ( biru ) tabung , atau dengan menggunakan tabung cahaya yang menggabungkan kedua jenis cahaya . Anda mungkin perlu pencahayaan tambahan untuk karang lebih menuntut .

Kami juga menggunakan lebih banyak cahaya untuk penerangan marinir , dan kami melakukannya dengan menggunakan sejumlah tabung standar cahaya , tabung cahaya T5 bertenaga tinggi atau lampu halida logam - lampu bertenaga tinggi yang biasanya menggantung di atas akuarium beratap terbuka .

Persyaratan minimum untuk tangki kecil adalah dua tabung cahaya , lebih baik yang bertenaga tinggi . Untuk yang lebih besar , lebih dalam akuarium , empat tabung T5 ( dua biru dan dua putih ) biasanya diperlukan , dan untuk cahaya terang dengan efek terbaik , pilih halida cahaya logam dalam kombinasi dengan actinic tabung lampu neon biru .

Sebagai panduan kasar , bertujuan untuk menyediakan satu watt lampu untuk setiap liter air .

Ultra-Violet Steriliser
Uvs dapat membantu untuk membunuh patogen penyakit dan parasit. Beberapa ikan laut seperti Powder Blue dan tangs Regal rentan terhadap laut whitespot, dan penambahan UV dapat membantu untuk mencegah hal itu.

Uvs dapat dipasang di bawah di dalam lemari, di atas atau di belakang akuarium, dan dapat bekerja sama dengan filter eksternal, genangan air atau powerheads. Mereka juga cocok untuk pencegahan penyakit di akuarium air tawar.

Mengubah lampu secara teratur untuk efisiensi maksimum.


Last edited by Admin on Sat 19 Apr 2014, 00:07; edited 1 time in total
avatar
Admin
Giant Fish
Giant Fish

Posts : 642
Points : 2360
Reputation : 45
Join date : 2014-04-08
Location : In Indofishclub web

http://www.indofishclub.com

Back to top Go down

default penambahan perlengkapan yg dibutuhkan

Post by agusto198 on Fri 18 Apr 2014, 23:56

wavemaker jugalah termasuk sarana dalam perlengkapan dunia laut.mungkin berbeda dengan anggapan powerhead menurut saya Laughing  Laughing .tanpa gelombang buatan dalam akuarium tidaklah dapat mempercepat terjadinya ekosistem dalam akuarium..
avatar
agusto198
Moderator
Moderator

Posts : 159
Points : 1353
Reputation : 4
Join date : 2014-04-18

Back to top Go down

default Re: Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut

Post by Admin on Fri 18 Apr 2014, 23:57

agusto198 wrote:wavemaker jugalah termasuk sarana dalam perlengkapan dunia laut.mungkin berbeda dengan anggapan powerhead menurut saya Laughing  Laughing .tanpa gelombang buatan dalam akuarium tidaklah dapat mempercepat terjadinya ekosistem dalam akuarium..

Terima kasih bro Agusto atas masukannya  Evil or Very Mad 
avatar
Admin
Giant Fish
Giant Fish

Posts : 642
Points : 2360
Reputation : 45
Join date : 2014-04-08
Location : In Indofishclub web

http://www.indofishclub.com

Back to top Go down

default Re: Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut

Post by agusto198 on Sat 19 Apr 2014, 00:06

Admin wrote:
agusto198 wrote:wavemaker jugalah termasuk sarana dalam perlengkapan dunia laut.mungkin berbeda dengan anggapan powerhead menurut saya Laughing  Laughing .tanpa gelombang buatan dalam akuarium tidaklah dapat mempercepat terjadinya ekosistem dalam akuarium..

Terima kasih bro Agusto atas masukannya  Evil or Very Mad 

sama2..semoga makin jaya forum ini..satu2nya forum yg menyatukan hobi air tawar dan air laut ( adu kuat yg kompor mode on +racun  Very Happy Very Happy )
avatar
agusto198
Moderator
Moderator

Posts : 159
Points : 1353
Reputation : 4
Join date : 2014-04-18

Back to top Go down

default Re: Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut

Post by Capuletz_crew on Sat 19 Apr 2014, 08:37

mantap............
avatar
Capuletz_crew
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 71
Points : 1245
Reputation : 1
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut

Post by dylan21 on Fri 02 May 2014, 15:06

Gan mau tanya klo ukuran aquarium 60x30x40 perlu pake wavemaker juga??? Tq.

dylan21
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 4
Points : 1158
Reputation : 0
Join date : 2014-04-30

Back to top Go down

default Re: Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut

Post by asiung on Fri 02 May 2014, 15:13

dylan21 wrote:Gan mau tanya klo ukuran aquarium 60x30x40 perlu pake wavemaker juga??? Tq.
wm setau sy bisa pake yg kecil, tp ga dipake jg gpp, bagusnya sih dipake ya
avatar
asiung
Small Fish
Small Fish

Posts : 29
Points : 1183
Reputation : 0
Join date : 2014-04-30

Back to top Go down

default Re: Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut

Post by dylan21 on Fri 02 May 2014, 18:17

asiung wrote:
wm setau sy bisa pake yg kecil, tp ga dipake jg gpp, bagusnya sih dipake ya

Tq gan atas saran nya.

dylan21
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 4
Points : 1158
Reputation : 0
Join date : 2014-04-30

Back to top Go down

default Re: Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut

Post by deka on Thu 05 Jun 2014, 04:35

dylan21 wrote:
asiung wrote:
wm setau sy bisa pake yg kecil, tp ga dipake jg gpp, bagusnya sih dipake ya

Tq gan atas saran nya.
alangkah baik nya jika menggunakan wm bila mana arus terlalu besar bisa jg wm d modif sedikit agar arus sesuai ky yg d inginkan dgn cara mengikis/memotong sedikit demi sekit kipas nya (semoga membantu)
avatar
deka
Moderator
Moderator

Posts : 106
Points : 1237
Reputation : 0
Join date : 2014-05-26
Location : jogjakarta

Back to top Go down

default Re: Perlengkapan yang dibutuhkan aquarium laut

Post by hobbyikanlaut on Thu 12 Jun 2014, 01:34

Tambahin ya:


Peralatan utama Aquarium laut :

Aquarium
Jelas ini harus ada boo… ukuran yg baik itu minimal 1 meter… tapi kalo mo bikin aqua imut juga bisa.

Sump / Refugium (filter)
Sump itu sebetulnya suatu tempat penampungan air dari aqua utama untuk dibersihkan dari kotoran (dgn skimmer), di netralkan kadar amoniaknya (dgn bantuan skimmer, bioball,dll), diturunkan kadar nitratnya (dgn bakteri atau denitrator), dan di dinginkan suhu airnya (dgn chiller). Selain itu di dalam sump itu sendiri biasanya ada satu ruang yg berfungsi sebagai refugium yg berasal dari kata refugee atau pengungsian, jadi berfungsi sebagai tempat penampungan sementara atau tempat memperbaiki kualitas air atau bisa juga tempat penampungan / stabilisasi ikan atau coral yg baru dibeli. Di dalam refugium itu bisa terdapat live rock dan pasir laut.

Skimmer
Untuk mengangkat lemak2 dan kotoran yg terkandung di dalam air laut yg bisa mengakibatkan tingginya kadar amoniak, nitrit dan nitrat dgn cara membuat air laut itu menjadi buih atau busa2 halus, kemudian kotoran yg terperangkap dalam buih2 tersebut akan di buang ke tempat penampungan.

Calcium Reactor
Berfungsi sebagai supply kadar kalsium ke dalam air laut, karena air laut membutuhkan kadar kalsium yg tinggi untuk pertumbuhan coral atau binatang2 laut lainnya.

Coil Denitrator
Berfungsi menetralkan kadar nitrat yg berbahaya bagi seluruh mahluk laut yg berada di aquarium tersebut.

Chiller
Berfungsi untuk menurunkan / mendinginkan suhu air laut di aquarium, krn sebagian besar coral dan ikan laut membutuhkan suhu yg cukup dingin untuk kehidupannya.

Pompa air
Berfungsi untuk mengembalikan air dari sump ke aqua utama, pompa juga dibutuhkan oleh skimmer, jadi bisa dikatakan kebutuhan akan pompa bisa lebih dari 1 buah dalam 1 aquarium.

Lain-lain, misalnya : PH / KH tester, Calcium tester, amoniak/nitrit.nitrat tester, thermometer, salinity tester, tambahan2 bahan kimia lainnya sebagai supplemen mineral ke dalam air laut, bioball, bakteri starter.

Lampu
Lampu berperan sangat penting bagi coral dan mahluk lain untuk berfotosintesis
Lampu yang bagus untuk aqua laut adalah lampu yg bisa menirukan sinar matahari dgn ukuran 10 ribu sampai 20 ribu derajat Kelvin.
Contohnya : lampu Metal Halide (MH) 75-150 watt, 20 ribu Kelvin



Dalam mempersiapkan Aquarium laut, dibutuhkan kesabaran yg cukup supaya hasilnya sesuai dgn yg kita inginkan.

Tahapan yang harus dilakukan adalah :

I. Dekorasi dan Pemasangan Peralatan

1. Masukkan pasir laut kasar setebal 1-3 cm ke dasar aquarium, lalu dilapisi dgn pasir laut halus setebal 2-3 cm.
2. Masukkan live rock atau karang hidup lalu susun sesuai dekorasi yg di inginkan.
3. lalu isikan air laut secara perlahan-lahan agar pasir tidak berhamburan kacau balau. Sampai air penuh mendekati bibir aquarium.
4. Siapkan aquarium sump yg posisinya berada dibawah aquarium display (utama)
5. lalu pasang semua perlengkapan, seperti skimmer, bioball, denitrator, calcium reactor dan chiller.
6. Tambahkan pula pasir laut dan liverock di dalam refugium. Bisa juga ditambah rumput asam yg berfungsi untuk menurunkan amoniak/nitrat secara alami.
7. Jangan lupa memasang lampu, karena peran lampu itu sangat penting.



Jika proses recycling sudah selesai, biasanya ditandai dengan munculnyaCopepods, yaitu mahluk2 kecil seperti kutu air berwarna putih yang berenang2 di sekitar permukaan aquarium. Jika sudah muncul copepod maka aqua sudah siap menampung coral dan ikan.

Yang perlu diketahui :
1. Calcium berfungsi menaikkan PH air laut, jika PH tester menunjukan PH yg rendah, lalu dengan menambahkan calcium secukupnya ke dalam air maka PH akan naik kembali.

2. PH yang rendah biasanya disebabkan karena kadar amoniak yang tinggi. PH yg rendah bisa mengakibatkan tewasnya kehidupan di aquarium.

3. Coral atau terumbu karang hanya bisa hidup dgn suhu yang berkisar 22-26 Celcius. Jadi suhu perlu dijaga kestabilannya.



4. Coral bisa hidup sehat jika mendapat cukup calcium dan makanan, sebab coral juga memakan daging, seperti daging udang atau ikan.



5. Rata-rata Ikan hias laut tidak bisa hidup dgn suhu yang terlalu dingin, karena akan terkena penyakit white spot. Itulah sebabnya seringkali ikan dan coral tdk bisa hidup berdampingan.


6. Ikan hias laut ada yang memakan coral, seperti beberapa jenis ikan angel, trigger, dll. 



7. Tiap jenis coral atau ikan memiliki sifat dan character sendiri-sendiri yang perlu diketahui supaya tdk terjadi kekacauan di aquarium. Misalnya : ikan badut (clownfish) membutuhkan anemone sebagai tempat tinggalnya dan anemone membutuhkan ikan badut yg membantu mencari makanan buat coral



8. Penambahan jumlah ikan di aquarium sebaiknya dilakukan secara bertahap dan hati2. ikan yg baru tiba biasanya harus dikarantina dulu, karena ikan yang lebih senior biasanya suka menyerang ikan yang baru dan bisa menyebabkan ikan itu tewas.

9. Jika kita menggunakan lampu Metal Halide, maka air aqua akan menjadi panas dan dibutuhkan chiller untuk mendinginkan suhu air. Jadi jika anda menggunakan MH maka anda juga butuh Chiller.

10. Coral akan tumbuh dan berkembang menjadi besar jika cukup mendapatkan sinar yg berasal dari matahari atau lampu MH.

11. Ada bermacam2 Tehnik Skimmer yang perlu diketahui, seperti : tehnik Ventury, Needlewheeler, dll. Gunanya untuk mengetahui skimmer seperti apa yg dibutuhkan oleh aqua anda.

12. Ada bermacam2 Tehknik Filter, seperti : mekanik, biology dan kimiawi. Dan jenis filter pun bermacam2, seperti : wet&dry, under gravel, canister, filter gantung, filter vegetasi, dll. Jadi perlu dipikirkan, filter seperti apa yg dibutuhkan oleh aqua anda.

13. Sekali dalam enam bulan, air laut perlu dikuras dan diganti baru. Jika keseimbangan ekosistem gagal dibentuk, maka pergantian air laut perlu dipercepat, jadi tdk harus menunggu sampai 6 bulan. Jadi disesuaikan dgn kebutuhan.



14. Type sump ada bermacam2, harus ditentukan sump yang sesuai untuk aquarium kita.

15. Peralatan aquarium laut memang tergolong mahal tapi bukan tidak mungkin kita mengakali dengan cara membuat sendiri (Do It Yourself / DIY) peralatan seperti skimmer, calcium reaktor atau denitrator sehingga biaya bisa ditekan semurah mungkin.
avatar
hobbyikanlaut
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 88
Points : 1263
Reputation : 1
Join date : 2014-04-14

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum