Translator for this Forum
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
<Widget by DAW-XP
Latest topics
» CONTACT US
Wed 13 Dec 2017, 12:53 by Elona

» Promo Akhir Tahun 2017
Sun 10 Dec 2017, 12:37 by Orca88k

» Coral baru tiba
Sat 09 Dec 2017, 17:45 by Orca88k

» Nama lokal dari bermacam belut moray air payau?
Thu 07 Dec 2017, 10:59 by Mono

» belut moray air tawar & air payau
Wed 06 Dec 2017, 13:33 by john_lord_b3

» pure powder estradiol
Wed 06 Dec 2017, 12:41 by nofty

» Proses Aklimasi Pada Calon Penghuni Baru
Sun 03 Dec 2017, 19:21 by Zoro

» Cara handle ikan yg baru datang dari pengiriman.
Wed 29 Nov 2017, 07:06 by Boim

» Ikan Hias di Orca Aquamarine
Tue 28 Nov 2017, 22:17 by Orca88k

» Livestock, Coral di Toko Orca Aquamarine
Sun 26 Nov 2017, 18:16 by Orca88k

» WTB.branded led second
Sat 25 Nov 2017, 14:16 by bimbim

» Jual Lampu LED
Fri 24 Nov 2017, 16:21 by Reza andhika

» About Orca Aquamarine
Fri 24 Nov 2017, 10:27 by Orca88k

» Penjelasan PROMO DI TOPED
Thu 23 Nov 2017, 13:15 by Orca88k

» PROMO
Wed 22 Nov 2017, 10:56 by Orca88k

Top posting users this week
Elona
 

Top posting users this month
john_lord_b3
 
Orca88k
 
Zoro
 
nofty
 
Elona
 
Mono
 
Livesand
 

INDOFISHCLUB OFFICIAL VIDEO
INDOFISHCLUB 1 YEARS ANNIVERSARY

INDOFISHCLUB EXHIBITION


INDOFISHCLUB 3 YEARS ANNIVERSARY

-- KEPE / BUTTERFLYFISH --

View previous topic View next topic Go down

default -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by James24 on Sat 19 Apr 2014, 00:10

[You must be registered and logged in to see this image.]

Masuk kategori keluarga butterfly fish atau di Indonesia lebih dikenal sebagai kepe monyong "b" (biasa).
untuk jenis kepe atau butterfly ikan ini termasuksedikit lebih mudah, namun tetap butuh perhatian.
makanan kepe monyong juga cukup rebon dan pelet. namun untuk pelet dibutuhkan pelet yang berukuran kecil.
kepe monyong b bisa dikatakan ikan yang cukup usil terhadap koral.

koral dan inverts yang rawan dengan jenis kepe monyong :
- Panca warna
- cacing pipa
- cacing kelapa
- SPS
- polyp pasir
- polyp bintang
- Xenia
- dll

koral-koral diatas tidak berarti semua akan di usilkan oleh si ikan, tergantung si ikan. namun dari beberapa kasus, ikan kepe monyong b dan kepe-kepe lainnya mayoritas akan iseng ke koral dan inver yang memiliki bulu-bulu halus.

sehingga perlu perhatian khusus terhadap ikan ini akan usilnya ke koral.

namun bukan berarti ikan ini tidak memiliki fungsi.
selain warna dan bentuknya yang unik, kepe monyong bisa menjadi salah satu alternatif untuk membasmi aiptasia di aquarium.


Last edited by James24 on Thu 08 May 2014, 22:05; edited 2 times in total
avatar
James24
Moderator
Moderator

Posts : 129
Points : 1558
Reputation : 5
Join date : 2014-04-18
Age : 27
Location : JAKARTA BARAT

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by Capuletz_crew on Sat 19 Apr 2014, 08:41

ini ikan bagus ya, tp kurang kuat ya
avatar
Capuletz_crew
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 71
Points : 1417
Reputation : 1
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by yogamon on Sat 19 Apr 2014, 09:27

si saya cuman kuat 5 bulan,tapi setelah masukin kepe monyong hama aiptasia di maintank berkurang cukup banyak...setelah itu ga jelas makan apaan,soalnya dikasi pelet ama rebon ga dmakan,paling kadang makanin cocepod klo saya perhatiin

yogamon
Big Fish
Big Fish

Posts : 177
Points : 1525
Reputation : 1
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by James24 on Sat 19 Apr 2014, 11:29

Capuletz_crew wrote:ini ikan bagus ya, tp kurang kuat ya

ikan laut bisa dikatakan untung-untungan pak. ketika ikan ini diambil / ditangkap dari laut menggunakan potas maka hidupnya pun 50:50. jadi bila ikan ini dapat bertahan maka dia bisa saja berumur panjang. tapi kalau tidak bisa bertahan ya akan lewat.

kemudian ikan ini juga memeiliki daya renang yang lumayan besar. jadi tidak direkomendasikan di akuarium kecil. karena ikan ini juga cukup mudah stress.

tips dari saya :
-saat membeli coba berikan pelet atau rebon (hidup atau beku) ketika dia sudah makan ya bungkus aja

- bila akuarium pico (panjang dibawah 40cm) disarankan memebeli ikan ini. untuk akuarium 40-80cm disarakan membeli ukuran Small. bila ukuran 1M ke atas bisa beli ukuran M. jangan membeli ukuran XL karena itu biasanya lebih susah adaptasi dan lebih stres lagi karena butuh banyak space.

- coba berikan obat anti stress dan obat anti parasit. karena terbukti jenis butterfly itu memiliki banyak parasit.
avatar
James24
Moderator
Moderator

Posts : 129
Points : 1558
Reputation : 5
Join date : 2014-04-18
Age : 27
Location : JAKARTA BARAT

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by James24 on Sat 19 Apr 2014, 11:34

yogamon wrote:si saya cuman kuat 5 bulan,tapi setelah masukin kepe monyong hama aiptasia di maintank berkurang cukup banyak...setelah itu ga jelas makan apaan,soalnya dikasi pelet ama rebon ga dmakan,paling kadang makanin cocepod klo saya perhatiin

wach ikannya manja juga ya rebon gk mau. hehehehe..
kalo peelt memang perlu kesabaran. karena memang jenis yang perlu diajarin makan pelet. tidak seperti botana, damsel, clonfish yang sigap kalo ada makanan apa aja. hehehe.

biasanya yang bapak bilang dia makan gk jelas itu, biasanya dia makanin cacing kelapa kecil2 jadi memang kurang terlihat dimata kita kalo kecil2. tapi dimata ikan ini itu camilan yang lumayan menggiurkan.  Razz 
avatar
James24
Moderator
Moderator

Posts : 129
Points : 1558
Reputation : 5
Join date : 2014-04-18
Age : 27
Location : JAKARTA BARAT

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by hobbyikanlaut on Sat 19 Apr 2014, 11:57

Susah maka nih ikan, saran om mod perbanyak thread ikan,seru hehe
avatar
hobbyikanlaut
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 88
Points : 1436
Reputation : 2
Join date : 2014-04-14

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by James24 on Sat 19 Apr 2014, 17:37

hobbyikanlaut wrote:Susah maka nih ikan, saran om mod perbanyak thread ikan,seru hehe

iya pak. ini lagi mau dibangun 1 per 1  Twisted Evil Twisted Evil Twisted Evil 
avatar
James24
Moderator
Moderator

Posts : 129
Points : 1558
Reputation : 5
Join date : 2014-04-18
Age : 27
Location : JAKARTA BARAT

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by RYAN on Sun 20 Apr 2014, 11:36

di saya kepe monyong b sudah ada sejak tgl 19-07-13 sampai sekarang masih sehat
tapi mohon jangan tanya makannya apaan ya hihihi  Very Happy Very Happy 

RYAN
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 15
Points : 1355
Reputation : 0
Join date : 2014-04-18

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by James24 on Sun 20 Apr 2014, 12:57

RYAN wrote:di saya kepe monyong b sudah ada sejak tgl 19-07-13 sampai sekarang masih sehat
tapi mohon jangan tanya makannya apaan ya hihihi  Very Happy Very Happy 

nice.. ati2 jadi preman. hehehe..

saya gk bakal tanya ikannya makannya apa pak.
tapi mau tanya ikannya nyicip / camilannya apaan ya ? hehehehe..

avatar
James24
Moderator
Moderator

Posts : 129
Points : 1558
Reputation : 5
Join date : 2014-04-18
Age : 27
Location : JAKARTA BARAT

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by Asfur on Mon 21 Apr 2014, 09:32

Beli ikan2 kepe perlu perhatian ekstra pak, kalo cuman suruh tukang ikan serokin itu kepe, yah chance nya lbh minim untuk hidup, blm lagi dikasih yg dah kurang sehat.
Plg bagus tingkatkan dulu kemampuan untuk jenis2 ikan. Baru menapak ke ikan2 yg lbh sulit.

Asfur
Small Fish
Small Fish

Posts : 37
Points : 1382
Reputation : 0
Join date : 2014-04-19

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by James24 on Mon 21 Apr 2014, 11:11

Asfur wrote:Beli ikan2 kepe perlu perhatian ekstra pak, kalo cuman suruh tukang ikan serokin itu kepe, yah chance nya lbh minim untuk hidup, blm lagi dikasih yg dah kurang sehat.
Plg bagus tingkatkan dulu kemampuan untuk jenis2 ikan. Baru menapak ke ikan2 yg lbh sulit.

setuju. apalagi itu ikan pas ditangkep diem-diem aja. itu udah bahaya.
padahal pedagang berkelit kalo ikannya itu jinak. hahahaha..
avatar
James24
Moderator
Moderator

Posts : 129
Points : 1558
Reputation : 5
Join date : 2014-04-18
Age : 27
Location : JAKARTA BARAT

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by eckovic on Fri 04 Jul 2014, 15:18

Butterfly fish

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.]

saya termasuk pecinta ikan kepe-kepe, selain jenis angelfish. Ikan ini memang bukan ikan yang aman buat koral, karena sebagian besar memang penikmat koral.
makanya ikan ini dipilih untuk FOWLR aja sebaiknya...

Menurut pengalaman saya ada kepe yang hardy/mudah, medium hingga susah memeliharanya...

Saya copas gambar admin aja ya hehe...

Jenis kepe hardy : kepe tikar, kepe nanas, kepe auriga, kepe bulan, kepe gajah, kepe falcula, kepe bulan asli, layaran kuning

Jenis kepe medium : kepe angsa/monalisa, kepe burgessi, kepe monyong biasa, kepe citrun, kepe merak,

Jenis kepe yang susah untuk dipelihara : kepe fantasi, kepe panah, kepe mayeri, kepe monyong asli

itu sih... menurut pengalaman pribadi saya... monggo sharingnya


eckovic
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 11
Points : 1276
Reputation : 1
Join date : 2014-07-01
Age : 39
Location : Malang - Blitar

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by Vertigo on Fri 04 Jul 2014, 17:26

kepe susah dipiara bro, mati terus, gmn ya penangannya?

Vertigo
Small Fish
Small Fish

Posts : 38
Points : 1304
Reputation : 0
Join date : 2014-06-29

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by eckovic on Fri 04 Jul 2014, 22:12

Vertigo wrote:kepe susah dipiara bro, mati terus, gmn ya penangannya?
makanya coba dulu yg hardy masbro, yang tahan banting, jangan lupa seaktu membeli pilih ikan yang benar benar sehat. Untuk pemula saya sarankan kepe falkula, kepe auriga, kepe nanas...

Dan pilih yang masih beukuran kecil karena lebih mudah menerima sembarang makanan seperti pellet... oya... tambahkan beberapa ikan damsel yg rakus makan, lama2 ikan kepe akan mengikuti untuk makan.

Salam

eckovic
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 11
Points : 1276
Reputation : 1
Join date : 2014-07-01
Age : 39
Location : Malang - Blitar

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by sylvester on Sat 15 Nov 2014, 23:35

Ikan dalam family ini berukuran kecil. Gerakannya cepat. bentuk badan bulat dan agak pipih. Sisiknya stenoid dan agak besar Pipi, Operkulum, dan sebagian kepalanya bersisik. di daerah kepala sisiknya berukuran lebih kecil. Kepala kecil dengan moncong yang menonjol dan memanjang Mulut sangat kecil, terminal, dan proktail. Gurat sisi bercabang dan mencapai dasar ekor. Bentuk badnnya gempal dengan kombinasi warna hitam, merah, orange, kuning, dan putih. Ocelli berwarna gelap sirip dada kecil, sirip dubur mempunyai 3 sampai 4 duri, sirip ekor membundar, bertepian tegak dan berkeluk. ikan dengan family ini tidak dapat di taruh pada aquarium laut dengan terumbu karang di karenakan ikan chaetodontidae merupakan ikan pemakan terumbu karang
avatar
sylvester
Small Fish
Small Fish

Posts : 36
Points : 1348
Reputation : 12
Join date : 2014-06-12

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by kiddies on Fri 12 Dec 2014, 09:24

[ask] 
Dear agan2

mo nanya gan.. kemaren ane melimpir ke sumenep, trus abang2 yang jualan ikan bilang semua kepe2 itu makan koral kecuali kepe monyong, apa bener gan?

kalo kepe monyong gak makan koral ane mo beli gan.

thank you
regards

kiddies
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 8
Points : 1116
Reputation : 0
Join date : 2014-12-06

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by #B-Nineteen on Fri 12 Dec 2014, 09:33

kiddies wrote:[ask] 
Dear agan2

mo nanya gan.. kemaren ane melimpir ke sumenep, trus abang2 yang jualan ikan bilang semua kepe2 itu makan koral kecuali kepe monyong, apa bener gan?

kalo kepe monyong gak makan koral ane mo beli gan.

thank you
regards

Betul bro, kepe monyong saya makan rebon, dan bisa dilatih pelet walau agak sulit

_________________
~Paint your life with a beautiful fish~
avatar
#B-Nineteen
Global Moderator
Global Moderator

Posts : 95
Points : 1416
Reputation : 3
Join date : 2014-05-20

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by #B-Nineteen on Fri 12 Dec 2014, 09:34

kiddies wrote:[ask] 
Dear agan2

mo nanya gan.. kemaren ane melimpir ke sumenep, trus abang2 yang jualan ikan bilang semua kepe2 itu makan koral kecuali kepe monyong, apa bener gan?

kalo kepe monyong gak makan koral ane mo beli gan.

thank you
regards

Betul bro, kepe monyong saya makan rebon, dan bisa dilatih pelet walau agak sulit

_________________
~Paint your life with a beautiful fish~
avatar
#B-Nineteen
Global Moderator
Global Moderator

Posts : 95
Points : 1416
Reputation : 3
Join date : 2014-05-20

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by kiddies on Fri 12 Dec 2014, 10:06

#B-Nineteen wrote:
kiddies wrote:[ask] 
Dear agan2

mo nanya gan.. kemaren ane melimpir ke sumenep, trus abang2 yang jualan ikan bilang semua kepe2 itu makan koral kecuali kepe monyong, apa bener gan?

kalo kepe monyong gak makan koral ane mo beli gan.

thank you
regards

Betul bro, kepe monyong saya makan rebon, dan bisa dilatih pelet walau agak sulit

okay gan.. kalo makan udang beku mau ga ya si kepe monyong?

kiddies
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 8
Points : 1116
Reputation : 0
Join date : 2014-12-06

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by Ibiza on Fri 12 Dec 2014, 10:21

kiddies wrote:
#B-Nineteen wrote:
kiddies wrote:[ask] 
Dear agan2

mo nanya gan.. kemaren ane melimpir ke sumenep, trus abang2 yang jualan ikan bilang semua kepe2 itu makan koral kecuali kepe monyong, apa bener gan?

kalo kepe monyong gak makan koral ane mo beli gan.

thank you
regards

Betul bro, kepe monyong saya makan rebon, dan bisa dilatih pelet walau agak sulit

okay gan.. kalo makan udang beku mau ga ya si kepe monyong?

Udang kupas maksudnya ya gan? setau sy ga mau

Ibiza
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 2
Points : 1103
Reputation : 0
Join date : 2014-12-12

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by MR. J on Tue 13 Jan 2015, 01:01

Ikan jenis kepe-kepe hampir semua bisa dikatakan makan koral. 

hanya beberapa jenis yang aman atau sedikit aman. sedikit aman dalam artian tidak makan semua koral yang ada. 

biasanya yang pasti mereka incar itu seperti koral yang berdaging. macam donat, otak, blasto, nanas,cynarina,dll


kepe monyong suka iseng ke jenis invert. seperti panca warna dan cacing pipa. tapi umumnya aman utk koral.
avatar
MR. J
Sponsor
Sponsor

Posts : 107
Points : 1250
Reputation : 8
Join date : 2015-01-05
Age : 27
Location : JAkarta Barat

http://www.j-reefshop.blogspot.com/

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by marvinaurelius on Thu 09 Apr 2015, 23:50

MR. J wrote:Ikan jenis kepe-kepe hampir semua bisa dikatakan makan koral. 

hanya beberapa jenis yang aman atau sedikit aman. sedikit aman dalam artian tidak makan semua koral yang ada. 

biasanya yang pasti mereka incar itu seperti koral yang berdaging. macam donat, otak, blasto, nanas,cynarina,dll


kepe monyong suka iseng ke jenis invert. seperti panca warna dan cacing pipa. tapi umumnya aman utk koral.
Salah satu kepe yang ga makan coral apa ya om? angel apa juga sama ya kaya kepe, suka makanin coral? kaya angel biru kuning & bluestone
avatar
marvinaurelius
Medium Fish
Medium Fish

Posts : 61
Points : 1404
Reputation : 0
Join date : 2014-04-21
Age : 21
Location : Tangerang

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by sky on Fri 10 Apr 2015, 09:31

marvinaurelius wrote:
MR. J wrote:Ikan jenis kepe-kepe hampir semua bisa dikatakan makan koral. 

hanya beberapa jenis yang aman atau sedikit aman. sedikit aman dalam artian tidak makan semua koral yang ada. 

biasanya yang pasti mereka incar itu seperti koral yang berdaging. macam donat, otak, blasto, nanas,cynarina,dll


kepe monyong suka iseng ke jenis invert. seperti panca warna dan cacing pipa. tapi umumnya aman utk koral.
Salah satu kepe yang ga makan coral apa ya om? angel apa juga sama ya kaya kepe, suka makanin coral? kaya angel biru kuning & bluestone
Kepe BH,kepe Belanda, Kepe monyong
avatar
sky
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 24
Points : 1318
Reputation : 3
Join date : 2014-06-04

Back to top Go down

default Re: -- KEPE / BUTTERFLYFISH --

Post by wolfwest08 on Fri 16 Jun 2017, 10:48

para suhu mohon info yang jual ikan kepe di jakarta dong
terima kasih

wolfwest08
Egg Fish
Egg Fish

Posts : 1
Points : 201
Reputation : 0
Join date : 2017-05-30

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum